Sukses

Kenali 8 Tanda Penuaan Dini, Salah Satunya Mata Bengkak Tak Hilang-Hilang

Sejumlah pertanda ini terjadi jika kita mengalami penuaan dini. Langkah antisipasi bisa dilakukan agar Anda tetap awet muda.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit akan menua seiring waktu dan itu adalah hal yang mau tak mau harus diterima. Ada kemungkinan bahwa tanda-tanda penuaan kulit sudah muncul di usia dua puluhan.

Sebagian besar perubahan fisik ini tidak meresahkan, tetapi lama kelamaan ini dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan memengaruhi kepercayaan diri.

Mengubah gaya hidup dan kebiasaan setelah mendeteksi tanda-tanda awal penuaan kulit, itu berarti kita dapat merasakan penampilan awet muda lebih lama.

Berikut ini cara untuk mengetahui tanda awal penuaan kulit:

1. Memiliki Benjolan Kecil Di Wajah

ilustrasi penyebab milia/pixabay

Benjolan kecil ini disebut milia, yaitu benjolan putih kecil yang biasanya muncul di sekitar hidung dan pipi, mereka bisa berkembang ketika kulit kita mulai kehilangan kemampuannya untuk terkelupas.

Penggunaan produk yang berlebihan seperti krim steroid bisa membuat kulit kita menua lebih cepat dan menyebabkan milia.

 

Saksikan Video Beirkut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

2. Bibir Semakin Tipis

Jika anda menyadari bahwa bibir anda mulai menipis di usia dua puluhan, kemungkinan kulit Anda menua lebih cepat dari biasanya.

Penyebab utamanya bisa jadi karena penurunan kolagen di bibir, bisa juga disebabkan oleh dehidrasi, sering menggunakan sedotan, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan kekurangan vitamin C.

3 dari 9 halaman

3. Kulit Mudah Bermasalah

Kulit kita mungkin juga menua lebih cepat dari yang kita kira. Terutama saat mendapatkan memar yang muncul secara misterius entah dari mana.

Ini terjadi karena kulit kita menjadi lebih tipis dari biasanya, membuatnya lebih rentan memar dan penyembuhan luka lebih lambat.

Salah satu yang dapat dilakukan adalah sering melembabkan kulit dapat membantu mencegah hal ini.

4 dari 9 halaman

4. Tekstur Kulit Menjadi Lebih Tipis

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan tanpa sunscreen adalah alasan utama mengapa hal ini terjadi.

Kerusakan ini terjadi karena kerusakan elastin, yang memungkinkan kulit kita meregang dan kembali ke posisi normal.

Mereka yang sering menggunakan tanning bed juga lebih berisiko mengalami hal ini.

 

5 dari 9 halaman

5. Kelopak Mata Mulai Terkulai

Anda mungkin perlu berhenti menggosok mata lebih dari biasanya jika kelopak mata anda mulai terkulai.

Hal ini juga dikenal sebagai ptosis, kelopak mata terkulai juga dapat terjadi dengan seringnya menggunakan kontak lens atau akibat dari operasi mata.

 

6 dari 9 halaman

6. Ujung Hidung Berubah Bentuk

Bagi kebanyakan orang, perubahan bentuk hidung secara alami terjadi pada usia empat puluhan.

Sayangnya, penuaan kulit akibat efek berbahaya dari sinar matahari dapat membuat hal ini terjadi lebih cepat, hal ini dapat menyebabkan kesusahan.

7 dari 9 halaman

7. Timbul Banyak Tahi Lalat Merah

Tahi lalat merah dikenal sebagai angioma ceri dan umumnya ditemukan pada orang yang berusia lebih dari 30 tahun, dengan peningkatan kejadian pada mereka yang berusia di atas 40 tahun.

Bintik merah ini tidak berbahaya, tetapi ada pilihan bagi mereka yang ingin menghilangkannya, seperti cryosurgery dan operasi laser.

 

8 dari 9 halaman

8. Mata Bengkak

Sangat mudah untuk mengabaikan yang satu ini karena kita biasanya mengabaikan mata bengkak sebagai kejadian normal yang dimulai pada usia dua puluhan dan bukan sebagai tanda penuaan kulit yang cepat.

Penyebab lain mata bengkak selain kurang tidur adalah penumpukan cairan di sekitar mata.

Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan mengurangi makanan asin dari makanan kita untuk mencegah peningkatan retensi air di area mata.

 

Reporter: Veronica Gita

9 dari 9 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.