Moon Jae-in Telepon Joe Biden, Korea Selatan Janji Tingkatkan Aliansi dengan AS

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 04 Feb 2021, 16:29 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 16:29 WIB
Hari Pertama Joe Biden Jadi Presiden AS
Perbesar
Presiden Joe Biden saat berada pertamanya di Ruang Oval, Gedung Putih di Washington, Rabu (20/1/2021). Pada hari pertamanya menjabat, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani sejumlah tindakan eksekutif di Gedung Putih. (AP Photo/Evan Vucci)

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjanji untuk meningkatkan aliansi negaranya dengan Amerika Serikat (AS) melalui panggilan telepon dengan Presiden Joe Biden pada Kamis (4/2/2021) waktu setempat.

Menurut kantor kepresidenan Korea Selatan, dikutip dari Channel News Asia, seruan itu datang ketika Presiden Moon Jae-in, yang telah menawarkan untuk menjadi mediator antara AS dan Korea Utara, menghadapi tantangan dalam mengadakan pembicaraan yang tertunda antara Washington dan Pyongyang untuk kembali ke jalurnya.

Sebelumnya, pada 2018, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan mantan Presiden AS Donald Trump setuju untuk memproses denuklirisasi di semenanjung Korea pada pertemuan pertama mereka saat itu.

Namun, pertemuan kedua dan pembicaraan tingkat kerja berikutnya gagal dilakukan.

"Kami akan selalu berdiri bersama saat kami bekerja untuk perdamaian di Semenanjung Korea dan mengatasi tantangan global," kata Presiden Moon Jae-in dalam sebuah pernyataan, usai panggilan telepon dengan Presiden Joe Biden, yang dilangsungkan pukul 8 pagi waktu setempat.

2 dari 4 halaman

Sambutan Moon Jae-in untuk Amerika Serikat

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (AP/Jon Gambrell)
Perbesar
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (AP/Jon Gambrell)

Presiden Moon Jae-in, dalam kesempatan itu juga menyambut baik apa yang ia gambarkan sebagai "kembalinya Amerika" di tengah meningkatnya tantangan global, mulai dari pandemi Virus Corona COVID-19, perubahan iklim, dan polarisasi ekonomi.

Pada 3 Januari 2021, Menteri Unifikasi Korea Selatan yang bertanggung jawab atas urusan antar-Korea meminta AS untuk secara fleksibel memberlakukan sanksi yang bertujuan mengekang program nuklir Pyongyang. 

Permintaan itu disampaikan guna menghidupkan kembali pembicaraan denuklirisasi.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah COVID-19

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓