Sukses

Salam 3 Jari, Simbol Warga dan Tenaga Medis Myanmar Protes Kudeta Militer

Warga Myanmar menampilkan salam tiga jari untuk protes kudeta militer terhadap Aung San Suu Kyi.

Liputan6.com, Naypyidaw - Warga Myanmar yang menolak kudeta militer terhadap pemerintahan Aung San Suu Kyi protes menggunakan salam tiga jari. Aksi ini menyebar melalui media sosial. 

Salam tiga jari ini muncul sebagaimana seruan pembangkangan sipil menguat di Myanmar. Para tenaga kesehatan ikut menunjukan solidaritas mereka dengan berpose tiga jari. 

Menurut Mashable, Kamis (4/2/2021), salam tiga jari ini terpengaruh oleh Katniss Everdeen di seri The Hunger Games. 

Tenaga medis mengenakan pita merah di seragamnya memberi hormat tiga jari di Rumah Sakit Umum Yangon di Yangon (3/2/2021). Mereka tidak akan menghentikan gerakan ini sampai pemerintahan terpilih dipulihkan. (STR / AFP)

Katniss memakai gestur salam tiga jari untuk menunjukan solidaritas kepada rakyat 12 distrik ketika melawan penindasan pemerintah dan militer Capitol.

Demonstran di Thailand juga memakai salam tiga jari untuk protes melawan kekuasaan monarki. Sampai sekarang, tiga jari masih dipakai pendemo Thailand.

Kudeta Myanmar terjadi pada Senin 1 Februari 2021. Belum seminggu berkuasa, militer langsung membungkam rakyat dengan cara memblokir media sosial.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Militer Myanmar Blokir Akses Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Pemerintahan baru militer Myanmar dilaporkan telah meminta operator lokal di negara tersebut untuk memblokir Facebook selama tiga hari, hingga 7 Januari 2021.

Informasi ini dilaporkan sejumlah pengguna Reddit asal Myanmar yang menyebut Facebook sudah tidak dapat diakses melalui smartphone mereka. Dengan kata lain, pemblokiran sudah dilakukan oleh operator setempat.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (4/2/2021), pemerintah baru militer Myanmar memblokir Facebook sebab media sosial itu dianggap mengganggu kestabilan nasional.  

Menurut NetBlock, pemblokiran ini banyak dirasakan pelanggan MPT, operator yang dimiliki negara. Selain Facebook, layanan lain seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp juga tidak bisa diakses.

 

3 dari 3 halaman

Respons Facebook

Terkait pembokiran ini, juru bicara Facebook mengatakan mereka sudah mengetahui kondisi yang terjadi. Karenanya, mereka meminta otoritas di Myanmar untuk mengembalikan akses konektivitas.

"Kami mendesak pihak berwenang memulihkan konektivitas sehingga orang-orang di Myanmar dapat berkomunikasi dengan keluarga dan teman mereka, serta mengakses informasi penting," tutur juru bicara perusahaan.

Untuk diketahui, keputusan pemblokiran ini dilakukan tidak lama setelah aksi kudeta militer Myanmar mengambil alih kontrol negara dan mendeklarasikan kondisi darurat selama setahun.

Di sisi lain, Facebook sendiri sebenarnya di Myanmar disebut-sebut sering menjadi sarana penyebaran misinformasi yang berujung pada aksi kekerasan di dunia nyata. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.