Sukses

5 Cara Membenarkan Toilet Rusak Tanpa Perlu Memanggil Tukang ke Rumah

Sejumlah langkah-langkah ini bisa digunakan untuk membenarkan toilet tanpa memanggil tukang.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam masa pandemi COVID-19 ini, jika ada benda yang rusak dalam rumah, mungkin sulit untuk memanggil tukang ke dalam rumah dengan alasan cemas atas virus dapat masuk ke tempat tinggal. 

Salah satu benda yang paling penting dalam rumah adalah toilet dan jika toilet Anda rusak, mungkin hal tersebut akan menjadi sulit untuk kehidupan sehari-hari Anda.

Untungnya, ada cara untuk membenarkan toilet Anda tanpa harus memanggil tukang.

Dikutip dari Mentalfloss, Rabu (3/2/21), berikut adalah langkah-langkah untuk membenarkan toilet di rumah tanpa harus memanggil tukang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Periksa Tabung Pengisi Air

Biasanya masalah ada di dalem tangki.

Toilet bekerja dengan cara mengukur seberapa banyak air yang ada di dalam tangki menggunakan pelampung.

Pertama, Anda sebaiknya memeriksa apakah ada masalah pada katup pengisi. Perkisa tabung pengisi, yaitu tabung plastik yang mengalir dari katup pengisi di sisi kiri tangki ke tabung pelimpah di sebelah kanan.

Pastikan semua terpasang erat ke katup pengisi dan air mengalir dari katup, melalui tabung, dan ke pipa luapan.

Katup pengisi harus ditempatkan sedikit lebih tinggi dari tabung luapan agar gravitasi memasukkan air ke dalam tabung. Jika terlalu panjang, Anda bisa memangkasnya agar tidak memanjang ke dalam pipa.

 

3 dari 7 halaman

2. Periksa Pelampung Toilet

Pelampung adalah bagian plastik yang berbentuk seperti cangkir yang membuat katup mengetahui ketinggian air yang benar.

Jika disetel terlalu tinggi, air masuk ke tabung pelimpah dan air akan terus mengalir. Jika terlalu rendah, tabung plastik akan tetap terbuka.

Sesuaikan pelampung menggunakan tangkai, klip, atau sekrup yang sudah terpasang sampai air mati pada level yang tepat.

Biasanya, jika sudah benar, akan ditandai di bagian dalam tangki atau tabung pelimpah.

4 dari 7 halaman

3. Periksa Pegangan Toilet

Pegangan luar toiler dipasang ke tangkai untuk flush toilet yang mudah dikenali di dalam tangki.

Pegangan tersebut adalah potongan plastik yang dihubungkan ke rantai yang mengarah ke penutup. Jika rantai terlalu pendek, sebuah segel akan terlihat tidak menutup sehingga air dapat bocor ke dalam mangkuk toilet.

Jika terlalu lama, segel ini mungkin tidak akan tetap terbuka untuk mengeluarkan air.

Pastikan rantai memiliki kelonggaran yang cukup untuk membuka tutup dan tangkai flush bagian dalam tutup tangki saat Anda menyiram.

 

5 dari 7 halaman

4. Periksa Segel Toilet

Segel toilet dapat menjadi sumber dari banyak masalah dalam toilet rusak.

Jika tidak berfungsi dengan benar, air akan bocor dan akan menyebabkan saluran air mengalir untuk menggantikan level air yang turun di dalam tangki.

Matikan air yang masuk ke toilet menggunakan katup pemutus yang biasanya membutuhkan beberapa putaran ke kanan sampai Anda merasa cukup. Setelah itu, siramlah toilet.

Tanpa sumber air, tangki akan kosong ke dalam mangkuk tanpa diisi ulang. Gosok sisa air dan tangki, lalu lihat tutupnya. Jika segel karet retak atau tidak terpasang dengan benar, maka sudah perlu diganti.

Hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Anda dapat membawa segel lama Anda ke toko dan meminta seseorang membantu Anda untuk memilih penggantinya.

Setelah memilih segel pengganti yang cocok untuk toilet Anda, lepaskan segel yang lama -- dengan cara lepaskan dari rantai batang penyiram dan tabung pelimbah.

Untuh menggantinya, gunakan langkah yang sama.

6 dari 7 halaman

5. Ganti Semuanya Kecuali Toilet

Jika Anda telah mengikuti semua langkah-langkah di atas tapi toilet Anda masih rusak, toilet Anda mungkin mempunyai masalah di suatu tempat di sepanjang sistem penyiraman.

Hal terbaik yang Anda bisa lakukan adalah mengganti katup pengisi, segel, dan semua bagian yang menyertainya.

Walau mungkin terdengar rumit, hal tersebut tidak sulit. Toko hardware akan memiliki kit perbaikan siram universal yang akan mudah dipasang jika Anda mengikuti petunjuk yang sudah ada.

Satu-satunya masalah adalah untuk memasang segel, Anda harus melepaskan tangki dari toilet serta memastikan mendapatkan segel yang rapat antara katup pengisi dan saluran air.

Setelah melakukan semuanya, pastikan mematikan air sebelum memulai membenarkan toilet.

Jika toilet Anda masih rusak setelah melakukan semua hal di atas, mungkin itulah saat Anda harus memanggil tukang.

7 dari 7 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.