Sukses

Kenali 7 Hal Ini Agar Wajah Tak Dipenuhi Bintik Hitam

Ada beberapa penyebab mengapa kulit wajah kerap muncul bintik hitam. Cara sederhana ini bisa dilakukan untuk pencegahan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang khususnya kaum hawa sangat memperhatikan penampilan, salah satunya penampilan kulit wajah agar terlihat menarik.

Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah bintik hitam atau sering dikenal juga dengan dark spot.

Mengutip dari Bright Side, Rabu (3/2/2021), ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal tersebut, dari paparan sinar matahari hingga genetika dan karena kita tidak dapat mengubah gen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan perawatan diri yang benar.

Terkadang kita fokus untuk mengobati bintik hitam tapi lupa memperhatikan penyebabnya, padahal perlu mengetahui penyebab mendapatkan bintik hitam dan cara menghindarinya.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Cahaya Ruangan

Hanya sedikit orang yang mengetahui hal ini, tetapi paparan cahaya di dalam rumah Anda sendiri dapat menyebabkan bintik hitam.

Hal ini karena cahaya fluoresens dapat memengaruhi hiperpigmentasi kulit, jenis cahaya ini ada di komputer, TV, dan bahkan smartphone.

Untuk mencegahnya, gunakan sunscreen setiap hari saat memulai rutinitas perawatan kulit.

 

3 dari 9 halaman

2. Menyentuh Jerawat

Tampiran jerawat di kulit pasti akan mengganggu kenyamanan Anda. Hal ini pasti menimbulkan keinginan yang hampir tak tertahankan untuk menyentuh atau bahkan memecahkan.

Meskipun keinginan untuk menyentuh dan memecahkan mungkin tak tertahankan, sangat penting untuk tidak melakukannya.

Memecahkan jerawat bisa menjadi penyebab bintik hitam karena adanya peradangan -- dapat menyebabkan kulit memproduksi melanin, menghasilkan bintik-bintik hitam bahkan bekas luka.

Untuk mencegahnya, konsultasikan dengan dokter kulit untuk memahami penyebab jerawat dan cara terbaik mengobatinya.

4 dari 9 halaman

3. Tidak Menggunakan Sunscreen

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kita harus memakai sunscreen saat pergi ke pantai.

Beberapa dari Anda tahu bahwa sunscreen harus digunakan setiap hari, meskipun berada di dalam ruangan.

Namun masalahnya, hanya sedikit orang yang tahu bahwa sunscreen harus dioleskan kembali setiap 2 jam.

Mengingat sebagian besar flek hitam disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, maka gunakanlah selalu sunscreen mulai pagi hari.

 

5 dari 9 halaman

4. Membersihkan Krim Malam

Jika memiliki keluhan flek hitam dan memakai obat dokter, kemungkinan besar akan disarankan untuk menggunakan produk perawatan malam hari.

Beberapa produk, terutama yang bersifat asam, berpotensi menghilangkan noda tetapi juga mengiritasi kulit, yang akan menyebabkan flek hitam.

Kandungan asam dalam produk kecantikan yang digunakan pada malam hari berpotensi mengiritasi kulit Anda. Maka, jangan lupa untuk mencuci sebelum tidur.

6 dari 9 halaman

5. Penggunaan Lemon pada Wajah

Ada banyak pengobatan alami yang bisa dilakukan, salah satunya memasukkan lemon sebagai resep untuk membersihkan flek hitam pada kulit.

Namun yang dilupakan banyak orang adalah bahwa lemon, jika dikombinasikan dengan radiasi matahari, sebenarnya dapat menyebabkan bintik hitam atau memperburuknya.

Ini disebut phytophotodermatitis yang disebabkan oleh zat seperti furanocoumarins dan psoralens saat bersentuhan dengan sinar matahari.

Untuk menghindari hal ini terjadi, selalu cuci bersih lemon dari kulit Anda.

7 dari 9 halaman

6. Menggunakan Terlalu Banyak Hidrokuinon Atau Asam Retinoat

Ada beberapa produk kecantikan yang mengandung hydroquinone dan retinoic acid yang ditujukan untuk pengobatan flek hitam.

Masalahnya, menggunakannya terlalu lama dan dalam konsentrasi tinggi dapat memperburuk kulit, alih-alih membersihkannya.

Karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter kulit untuk memahami cara menggunakan produk ini dengan benar.

 

8 dari 9 halaman

7. Hormon Saat Hamil

Gelombang hormon terjadi selama kehamilan dan sangat alami, perubahan hormonal ini dapat menyebabkan sesuatu yang disebut chloasma -- bercak-bercak di wajah.

Untungnya, bintik hitam ini cenderung memudar begitu kehamilan berakhir, untuk mencegah hal ini semakin parah, selalu gunakan sunscreen.

 

Reporter: Veronica Gita

 

9 dari 9 halaman

Infografis 6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.