Sukses

Isi Surat Pengunduran Diri Jeff Bezos dari Jabatan CEO Amazon

Orang terkaya di dunia Jeff Bezos mundur sebagai CEO Amazon. Ini suratnya kepada karyawan.

Liputan6.com, Jakarta - Orang terkaya di dunia Jeff Bezos memutuskan mundur dari jabatannya sebagai CEO Amazon. Perusahaan itu ia dirikan pada 1994. 

Amazon merupakan platform digital yang menawarkan berbagai layanan. Awalnya, situs itu terkenal menjual buku, kemudian MP3, hingga kini terkenal menjual berbagai produk, serta punya layanan cloud.

Ia berbagi kabar pengunduran dirinya melalui sebuah surat. Isi surat itu mengajak agar staf Amazon tidak takut berinovasi. 

Jeff Bezos dikabarkan akan fokus pada inisiatif Bezos Earth Fund hingga Blue Origin, tetapi ia akan tetap memantau perkembangan di Amazon.

Tak lupa, Jeff Bezos turut menulis mottonya agar staff bisa terus punya semangat seperti hari pertama. Berikut surat Amazon seperti dilansir situs Fast Company, Rabu (3/2/2021).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Surat Jeff Bezos:

Fellow Amazonians:

Saya senang mengumumkan bahwa pada Q3 ini saya akan melakukan transisi menuju Executive Chair of the Amazon Board dan Andy Jassy akan menjadi CEO. Pada peran Exec Chair, saya berniat untuk memfokuskan energi dan perhatian saya pada produk-produk baru dan inisiatif-inisiatif dini. Andy dikenal dengan baik di dalam perusahaan dan telah berada di Amazon hampir selama saya. Dia akan menjadi pemimpin yang unggul dan dia memiliki kepercayaan penuh saya.

Perjalanan ini dimulai sekitar 27 tahun lalu. Amazon hanyalah sebuh ide dan tidak memiliki nama. Pertanyaan yang dulu paling sering ditanyakan ke saya waktu itu adalah, "Apa itu internet?" Untungnya, saya sudah lama tidak perlu memberi penjelasan.

Hari ini, kita mempekerjakan 1,3 juta orang berbakat serta berdedikasi yang melayani ratusan juta pelanggan dan bisnis, dan secara luas dikenal sebagai salah satu perusahaan paling sukses di dunia.

Bagaimana itu bisa terjadi? Invention. Invention adalah akar dari kesuksesan kita. Kita telah melakukan hal gila bersama-sama, dan membuat mereka biasa. Kita mempionirkan review pelanggan, 1-Click, rekomendasi terpersonalisasi, pengiriman yang sangat cepat dari Prime, belanja Just Walk Out, Climate Pledge, Kindle, Alexa, marketplace, infrastruktur cloud computing, Career Choice, dan banyak lagi. Jika kamu melakukannya dengan benar, beberapa tahun setelah invention yang mengejutkan, hal yang baru itu menjadi biasa. Orang-orang menguap. Dan menguap itu adalah pujian terbesar yang bisa diterima seorang inventor.

Saya tidak tahu adanya perusahaan lain dengan rekam jejak invention yang sebaik Amazon, dan saya percaya bahwa kita sekarang berada di saat yang paling inventive. Saya harap kalian bangga pada inventiveness kita seperti saya. Saya berpikir kalian harus begitu.

3 dari 3 halaman

Masih Hari 1

Sebagaimana Amazon menjadi besar, kita memutuskan untuk menggunakan scale dan scope kita untuk memimpin dalam isu-isu sosial yang penting. Dua contoh berdampak besar: upah minimum $15 dan Climate Pledge. Pada keduanya, kita mengambil posisi pemimpin dan meminta perusahaan-perusahaan lain untuk bergabung dengan kita. Pada keduanya, hal itu berhasil. Perusahaan-perusahaan besar lain mengikuti jalan kita. Saya harap kalian juga bangga pada hal itu.

Saya mendapati pekerjaan saya bermakna dan menyenangkan. Saya dapat bekerja dengan rekan tim yang paling cerdas, paling berbakat, dan paling banyak idea. Ketika waktu sedang baik, kalian rendah hati. Ketika waktu sedang keras, kalian kuat dan suportif, dan kita membuat satu sama lain tertawa. Adalah sebuah kegembiraan untuk bekerja pada tim ini.

Meski saya masih melangkah ceria menuju kantor, saya senang pada transisi ini. Jutaan pelanggan bergantung pada kita untuk layanan-layanan kita, dan lebih dari sejuta pegawai bergantung pada kita untuk mata pencaharian mereka. Menjadi CEO Amazon adalah tanggung jawab mendalam, dan ini menghabiskan tenaga. Ketika kamu memiliki tanggung jawab seperti itu, sulit untuk menaruh perhatian pada yang lain. Sebagai Exec Chair saya akan terus mengurus inisiatif-inisiatif penting Amazon, tetapi juga memiliki waktu dan energi yang saya butuhkan untuk fokus pada Day 1 Fund, Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan passion-passion saya lain. Saya tak pernah memiliki lebih banyak energi, dan ini bukan tentang pensiun. Sayan super passionate tentang dampak yang saya pikir organisasi-perusahaan ini dapat miliki.

Amazon memiliki posisi yang mumpuni untuk masa depan. Kita bekerja pada performa puncak, seperti yang dunia butuhkan dari kita. Kita memiliki hal yang sedang disiapkan yang akan terus mengejutkan. Kita melayani individu-individu dan usaha-usaha, dan kita mempionirkan dua industri utuh dan perangkat kelas baru. Kita adalah pemimpin di area berbagai machine learning dan logistik, dan jika ide seorang Amazonian membutuhkan skill institusional baru, kita cukup fleksibel dan cukup sabar untuk mempelajarinya.

Teruslah melakukan inventing, jangan putus asa ketika pada awalnya ide itu terlihat gila. Ingat untuk menjelajah. Biarkan rasa penasaran menjadi kompasmu. Ini masih Hari 1.

Jeff.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.