Sukses

Cerita Vlad Lucian Zbarcea, Dosen yang Ajarkan Seni Gamelan di Rumania

Vlad Lucian Zbarcea adalah guru gamelan di Universitas Musik Nasional Bucharest.

Liputan6.com, Bucharest -- KBRI Bucharest berbagi kisah tentang seorang pemain musik bernama Vlad Lucian Zbarcea yang mengajarkan seni gamelan di Rumania. Ia merupakan dosen di Universitas Musik Nasional Bucharest (Universitatea Naţională de Muzică Bucureşti).

Lucian merupakan lulusan jurusan seni musik Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Ia menikahi seorang wanita Bali bernama Made Pradnyani Dewi dan keduanya aktif mempromosikan seni gamelan di Rumania.

Di Rumania, ayah dua anak itu mengajarkan gamelan Jawa dan Bali kepada murid-muridnya di universitas. Tahun pertama mereka belajar gamelan Jawa, kemudian tahun kedua belajar gamelan Bali.

"Kita punya program mempelajari gamelan. Tahun 2021 ini tahun kedua akademi program ini dan sampai sekarang sudah ada kira-kira 50 lebih murid yang ikut," ujar Lucian seperti dilaporkan KBRI Bucharest, Selasa (2/2/2021).

Lucian juga bercerita bahwa KBRI Bucharest turut membantu meminjamkan gamelan untuk belajar. 

"Kita sudah dapat bantuan dari KBRI, dari Pak Dubes M Amhar Azeth. Tahun 2019, KBRI bantu dan kasih gamelan Jawa ini untuk kita biar bisa kita bisa belajar gamelan Jawa," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar Saat Pandemi COVID-19

Selama pandemi COVID-19, murid laki-laki dan perempuan yang belajar gamelan bersama Lucian tampak tertib memakai masker.

Lucian berkata kegiatan belajar pada tahun pertama relatif baik. Ia pun yakin ke depannya akan lebih baik. "Alhamdulillah saya pikir ini sudah lumayan cukup mereka bisa belajar untuk tahun pertama. Pasti selalu bisa lebih baik. Mudah-mudahan tahun depan kita punya waktu lebih banyak," jelasnya.

Istri dari Lucian turut setia mendukung suaminya untuk memperkenalkan gamelan ke masyarakat luas di Rumania.

"Kami memiliki cita-cita untuk memperkenaklan gamelan, musik Bali, ke orang-orang Rumania dan sampai saat ini kami sudah berhasil membawa beberapa set gamelan bali di fakultas seni musik di Bucharest," kata Made Pradnyani Dewi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.