Sukses

Vaksin COVID-19 Pertama Tiba di Afrika Selatan

Vaksin COVID-19 AstraZeneca yang dibeli dari sebuah produsen India tiba di Afrika Selatan.

Liputan6.com, Johannesburg - Afrika Selatan menerima pasokan vaksin Corona COVID-19 ke negaranya.

Pada sebuah hari mendung di Johannesburg, ada secercah sinar terang: yakni kedatangan paket-paket vaksin virus corona pertama yang dalam kurun dua minggu lagi akan disuntikkan di lengan warga Afrika Selatan.

Presiden Cyril Ramaphosa dan pejabat tinggi lainnya berdiri menunggu di landasan, mengenakan masker dan didera hujan lebat di bawah lindungan payung hitam, ketika pesawat Emirat yang mengangkut vaksin pertama mendarat di Bandara Internasional Or Tambo, Johannesburg, pada Senin (1/2) siang.

Kiriman ini adalah vaksin AstraZeneca yang dibeli dari sebuah produsen India, kata pejabat, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (2/2/2021).

Ramaphosa tidak berbicara kepada publik, tetapi dalam sebuah pernyataan mengatakan, “Besarnya pengiriman ini belum pernah terjadi dari segi jumlah orang yang bisa disuntik dalam kurun waktu sesingkat ini.”

Vaksin pertama, katanya, ditujukan untuk 1,2 juta petugas kesehatan yang bekerja di garis depan.

Afrika Selatan merupakan tempat penyebaran virus yang parah di benua Afrika, dan sudah ada 1,4 juta kasus sejak virus itu muncul pada Maret tahun lalu.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelombang Kedua COVID-19 di Afrika Selatan

Afrika Selatan mulai didera gelombang COVID-19 kedua, dengan varian virus baru yang lebih menular pada akhir Desember.

Namun, tampaknya, puncak perebakan mulai mereda. Kepala gugus tugas virus corona Afrika Selatan, Dr. Salim Abdool Karim, mengatakan vaksin yang dikirim itu diharapkan akan ampuh melawan varian Afrika Selatan, yang disebut 501.V2.

Benua Afrika sedang menunggu pengiriman sekitar 300 juta vaksin. Afrika Selatan menjadi negara Afrika kelima yang mulai melakukan vaksinasi, setelah Maroko, Mesir, Kepulauan Seychelles, dan Guinea.

Ramaphosa akan berpidato kepada seluruh negara pada Senin (1/2) sore, dan menyinggung usaha pencegahan virus corona berkesinambungan dan pembatasan yang diberlakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.