Sukses

Timbun Makanan hingga Serbu ATM, Berbagai Aksi Warga Myanmar Usai Kudeta Militer

Usai terjadinya kudeta militer, para warga Myanmar secara spontan melakukan penimbunan makanan hingga berbondong-bondong ke ATM.

Liputan6.com, Yangon - Desas-desus tentang kudeta sebenarnya telah beredar selama berhari-hari. Namun pada akhirnya, ketakutan itu pun terjadi juga.

Sekarang layanan internet seluler tidak lagi berfungsi dan saluran telepon terputus. Tak hanya itu, beberapa stasiun televisi pun tidak mengudara.

Mengutip The Guardian, Selasa (2/2/2021), pada pukul 8.30 pagi sudah resmi, di mana militer telah mengambil alih kekuasaan. Satu dekade setelah Myanmar memulai perjalanan penuhnya menuju demokrasi, sekali lagi Myanmar berada di bawah kekuasaan militer langsung.

 

“Ibuku membangunkanku dengan berita bahwa Aung San Suu Kyi telah ditahan. Saya kaget dan tidak tahu harus menjawab apa," kata seorang wanita berusia 25 tahun. 

Dia, seperti kebanyakan orang, bergegas keluar untuk membeli bahan makanan, dan dalam perjalanan pulang dia menangis. 

"Saya merasa sangat marah dan sangat cemas," katanya.

Antrian panjang pun terlihat di toko-toko saat orang-orang menimbun beras, minyak, dan mi instan. Orang-orang berbondong-bondong ke ATM tetapi tidak dapat menarik uang tunai karena pemutusan komunikasi yang berarti mesin tidak berfungsi. Beberapa apotek pun juga kehabisan persediaan.

Seorang pekerja LSM yang berbasis di Yangon mengatakan jalanan tenang tetapi ada "ketakutan dan kewaspadaan yang membayangi di udara".

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warga Kaget dan Cemas

Minggu lalu ketika militer, yang menuduh Liga Nasional untuk Demokrasi Aung San Suu Kyi melakukan kecurangan dan mengatakan tidak akan mengesampingkan kudeta, banyak orang di Yangon mengibarkan bendera merah NLD sebagai tanda dukungan mereka untuk partai yang berkuasa. Namun pada hari Senin, bendera telah menghilang.

“Saya tidak berpikir orang tahu bagaimana harus bereaksi. Terima, sembunyikan, atau protes? Myanmar memiliki sejarah yang berantakan dan berdarah dengan protes,” kata pekerja LSM itu.

NLD menang telak dalam pemilihan pada November, ketika sejumlah besar orang memilih meskipun ada risiko yang ditimbulkan oleh pandemi. Partai Persatuan Pembangunan dan Solidaritas yang didukung militer hanya memenangkan 33 kursi.

Ada kemarahan yang dalam karena militer telah menghilangkan harapan Myanmar akan demokrasi. 

"Ini sangat mengecewakan, saya tidak ingin kudeta," kata seorang pria berusia 64 tahun di kota Hlaing kepada AFP. 

"Saya telah melihat banyak transisi di negara ini dan saya menantikan masa depan yang lebih baik."

Seorang asisten penjualan berusia 29 tahun pun berkata: "Saya sangat kecewa dengan semua yang telah terjadi."

3 dari 3 halaman

Dukungan Kelompok Pro-Militer

Ketika para aktivis dan politisi terkemuka bergegas ke lokasi perubahan untuk menghindari penangkapan, parade truk yang membawa pendukung militer melewati jalan utama Yangon, mengibarkan bendera negara dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Sekelompok kecil itu berkumpul untuk merayakan kekuatan baru tentara di dekat Makam Martir di pusat kota Yangon, di mana mereka menari diiringi lagu dengan lirik "Kami dengan berani menunjukkan darah Myanmar".

Pada aksi pro-militer lain di dekat pagoda Sule, wartawan lokal dan asing dipukuli, menurut video yang diposting di Facebook.

Selain polisi, hanya ada sedikit petugas berseragam di Yangon, meskipun truk militer dan tentara dikerahkan di luar Balai Kota.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.