Sukses

Awas, Jangan Terlalu Sering Pakai Lip Balm Jika Tak Ingin 4 Hal Ini Terjadi

Apakah ada sesuatu yang dinamakan terlalu banyak lip balm?

Liputan6.com, Jakarta - Lip balm merupakan produk andalan untuk mengatasi masalah bibir kering. Namun, akankah ada sesuatu hal yang akan terjadi jika terlalu banyak menggunakan lip balm?

Dikutip dari Bright Side, Senin (1/2/21), ada cerita menarik terkait lip balm seorang wanita di Amerika Serikat mendapatkan denda hampir tiga juga rupiah karena menggunakan lip balm saat  berkendara dan melintasi lampu merah.

Mungkin banyak dari kita sering menggunakan lip balm setiap hari tanpa mengetahui efek dari penggunaan lip balm yang terlalu berlebihan.

Inilah daftar hal-hal yang akan terjadi jika Anda terlalu sering menggunakan lip balm terlalu sering:

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bibir Menjadi Lebih Kering

Menurut akhli kulit, lip balm mengandung bahan yang dapat mengiritasi atau mengeksfoliasi (pengangkatan kulit mati) bibir secara berlebihan.

Hal tersebut seperti fenol, kamper, mentol, wewangian, persa, asam salisilat, dan vitamn E.

Sebagai contoh, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa 33% pasien mengalami dermatitis (peradangan kulit) karena kontak dari vitamin E.

3 dari 6 halaman

2. Dapat Menyebabkan Iritasi di Sekitar Bibir

Spesialis mengkonfirmasi bahwa kita harus menggunakan lip balm tiga lebih dari 3 kali dalam satu hari.

Saat bangun tidur, setelah makan atau minum, dan tepat sebeum tidur.

Jika menggunakan lip balm terlalu banyak, Anda mungkin mengalami iritasi atau bintik-bintik kecil yang akan muncul di sekitar area bibir.

4 dari 6 halaman

3. Bibir Tak Mampu Hasilkan Tingkat Kelembaban Alami

Beberapa formula lip balm menghambat bibir alami untuk menghasilkan tingkat kelembapan alami. Ini bisa menyebabkan bibir Anda bekerja lebih sedikit untuk menjaga tingkat hidrasinya sendiri.

5 dari 6 halaman

4. Tindakan Memakai Lip Balm Menjadi Adiktif

Beberapa orang mungkin mengatakan mereka kecanduan lip balm. Namun, Direktur OCD, Joel Rose, mengatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin.

Kita tidak bisa kecanduan lip balm tapi kita menjadi kecanduan dengan mekanisme menenangkan yang kita dapatkan dari penggunaan lip balm.

Reporter : Paquita gadin 

6 dari 6 halaman

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.