Sukses

Bunglon Madagaskar, Reptil Terkecil di Dunia Hanya Seukuran Ujung Jari

Bunglon Madagaskar merupakan reptil terkecil di dunia yang ukurannya hanya seujung jari manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda mendengar soal reptil jantan terkecil di dunia yang bisa bertengger pas di ujung jari Anda?

Hewan tersebut adalah Brookesia nana, spesies bunglon berukuran sangat kecil dari hutan hujan di Madagaskar utara. 

Melansir Live Science, Minggu (31/1/2021), para peneliti baru-baru ini mendeskripsikan seekor jantan dan satu betina dari spesies tersebut dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 28 Januari di jurnal Scientific Reports dan mereka tercengang oleh ukuran jantan yang sangat kecil. 

Dengan ukuran hanya setengah inci (13,5 milimeter) dari moncong hingga kloaka (lubang serbaguna yang digunakan reptil untuk ekskresi dan reproduksi), jantan dewasa adalah reptil dewasa terkecil yang pernah ditemukan.

Faktanya, B. nana jantan berukuran lebih kecil dari betina, yang memiliki panjang 0,75 inci (19,2 mm) dari moncong hingga kloaka. 

Tidak hanya dia lebih panjang dari pasangannya, tetapi dia juga sedikit lebih panjang dari tokek Karibia Sphaerodactylus ariasae, yang saat ini memegang gelar untuk reptil betina terkecil.

"Mengingat bahwa rancangan umum tubuh reptilia agak mirip dengan mamalia dan manusia, sangat menarik untuk melihat bagaimana miniaturisasi organisme ini dan organnya," kata penulis utama studi Frank Glaw, seorang herpetologis di Bavarian State Collection of Zoology di Munich.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Organnya Tidak Kecil

Namun, tidak setiap organ berukuran sangat kecil.

Kadal dan ular jantan memiliki sepasang organ reproduksi yang disebut hemipenes - dua alat kelamin berbentuk tabung yang tetap terbalik di dalam tubuh jantan, sampai saatnya untuk kawin.

Hemipenes B. nana berukuran 0,1 inci (2,5 mm) ketika dibalik sepenuhnya, atau kira-kira 18,5% dari total panjang tubuhnya.

Anehnya, ini bukan sifat yang tidak biasa di antara kadal terkecil di dunia, tulis para peneliti.

Panjang genital di antara bunglon terkait berkisar antara 6,3% hingga 32,9% dari total panjang tubuh jantan, dengan rata-rata 13,1% pada 52 spesies, temu tim penelitian tersebut. 

"[Ini] mengungkapkan pola yang menarik: Spesies terkecil seringkali memiliki ukuran genital terbesar secara proporsional," tulis rekan penulis studi Mark Scherz, seorang herpetologis di Universitas Potsdam di Jerman, dalam sebuah postingan blognya.

Mengapa demikian? 

Menurut Scherz, hal itu bisa jadi terkait dengan dimorfisme ukuran antara reptil kecil jantan dan betina tersebut. Bahkan jika perempuan tetap lebih besar daripada laki-laki, bisa jadi "kendala" ditempatkan pada seberapa kecil alat kelaminnya, tulis Scherz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.