Sukses

Paus Fransiskus Akan Kunjungi Kota Kelahiran Nabi Ibrahim di Irak

Paus Fransiskus akan pergi ke Irak. Ia dijadwalkan datang ke kota kelahiran Nabi Ibrahim serta menemui ulama Syiah.

Liputan6.com, Vatikan - Paus Fransiskus akan berkunjung ke Irak pada Maret 2021. Ia dijadwalkan bertemu ulama top Syiah hingga datang ke kota Ur yang disebut sebagai tempat kelahiran Nabi Ibrahim. 

Menurut laporan AFP, Jumat (29/1/2021), Paus Fransiskus rencananya akan datang ke Irak pada 5 hingga 8 Maret mendatang. Ini adalah kunjungan pertamanya ke Irak.

Paus akan mengadakan misa di Church of Our Lady of Salvation di Baghdad. Gereja itu merupakan saksi dari meninggalnya puluhan akibat serangan teroris di 2010.

Paus Fransiskus akan bertemu Ayatullah Agung Ali Sistani yang merupakan ulama Syiah berpengaruh di Irak. Setelah bertemu Sistani, Paus Fransiskus akan mengunjungi kota Ur yang disebut merupakan kelahiran Nabi Ibrahim.

Ia juga akan bertolak ke Mosul dan kawasan dataran Nineveh yang pernah dikuasai ISIS, serta mengunjungi ibu kota regional Kurdi di Arbil.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan dengan Ayatullah Agung Ali Sistani

Louis Sako, tokoh pemimpin Gereja Katolik Chaldean di Irak, berkata kunjungan Paus Fransiskus untuk bertemu Ayatullah Agung Ali Sistani merupakan kunjungan pribadi.

Sistani tinggal di kota Najah. Tidak ada formalitas dalam pertemuan dua tokoh agama tersebut.

Sako berharap kedua tokoh akan menandatangani dokumen persaudaraan demi perdamaian dunia.

Sebelumnya, Paus Fransiskus pernah menandatangani dokumen inter-religious serupa pada Februari 2019 bersama Imam Besar Al-Azhar Ahmed al-Tayeb.

Menurut Sako, Paus Fransiskus berharap ada dukungan dari ulama syiah berpengaruh seperti Sistani.

"Ia bakal mewakili bagian besar kedua dari Islam yang menandangani dokumen ini," kata Sako.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.