Sukses

Pandemi COVID-19 Diprediksi Masih Ada Hingga 5 Tahun ke Depan, Ini Kata Ahli

Sejumlah faktor penyebab pandemi COVID-19 tak kunjung usai. Berikut ini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan Singapura, Lawrence Wong bahwa krisis pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini dapat berlangsung hingga empat atau lima tahun ke depan. 

Para ahli mempelajari bahwa ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan pandemi COVID-19 yang berkepanjangan.

Epidemi flu Spanyol tahun 1918, yang berlangsung sekitar dua tahun, memberikan model tentang apa yang mungkin terjadi, kata Associate Professor Alex Cook, wakil dekan penelitian di Sekolah Kesehatan Masyarakat Saw Swee Hock di Universitas Nasional Singapura. Demikian seperti melansir Channel News Asia, Rabu (27/1/2021). 

Pandemi itu berlangsung hingga virus yang membuatnya menjadi endemik, menyebabkan wabah influenza tahunan di negara-negara beriklim sedang.

Associate Professor Alex Cook mengatakan bahwa satu skenario yang mungkin terjadi adalah kebanyakan orang dewasa di seluruh dunia telah terinfeksi atau divaksinasi, tetapi anak-anak memiliki kekebalan yang lebih rendah dan penyakit tersebut menjadi infeksi umum pada masa kanak-kanak seperti flu.

“Kita dapat memperkirakan infeksi tetap ada pada anak-anak karena mereka tidak akan divaksinasi, setidaknya untuk sementara, dan karena kohort baru anak-anak yang tidak bisa imunisasi akan masuk ke dalam populasi setiap tahun,” katanya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vaksin Jadi Kunci Menuju Normal

Wong, yang turut memimpin Satuan Tugas Multi-Kementerian COVID-19 Singapura dengan Menteri Kesehatan Gan Kim Yong, mengatakan pada konferensi pada hari Senin (25/1) bahwa kita dapat berharap untuk hidup di tengah pandemi tahun ini dan sebagian besar tahun depan. 

"Di luar itu, ketersediaan vaksinasi COVID-19 akan secara progresif memulai kembali perjalanan global. Tetapi mendapatkan vaksinasi dunia tidak akan cepat atau mudah," katanya. 

Dia juga menyebutkan bahwa galur mutan baru dari virus dapat memperpanjang pandemi di seluruh dunia, sambil menyimpulkan: "Masih ada ketidakpastian yang luar biasa di depan kita. Intinya adalah bahwa kita hidup di dunia bersama dan tidak ada yang aman sampai semua orang aman. 

"Tentu saja, tidak ada pandemi yang berlangsung selamanya. Pada suatu saat pandemi akan berlalu, tetapi mungkin perlu empat hingga lima tahun sebelum akhirnya kita melihat akhir dari pandemi dan dimulainya normal pasca-COVID."

3 dari 4 halaman

Mutasi Virus

Profesor David Matchar dari layanan kesehatan dan program penelitian sistem di Sekolah Kedokteran Duke-NUS mengatakan ada kasus yang masuk akal untuk COVID-19 yang berkepanjangan, tetapi dia berharap itu adalah "proyeksi kasus terburuk". 

Faktor-faktor yang akan memperpanjang wabah adalah vaksinasi yang tertunda dan kekebalan yang berkurang dari waktu ke waktu untuk mereka yang terinfeksi dan mereka yang divaksinasi. Mungkin juga, ada mutasi virus yang menyebabkan vaksin menjadi strain baru.

"(Pandemi akan) berlangsung lebih pendek jika semua hal di atas tidak terjadi. Bahkan jika pandemi memudar seperti yang kita semua harapkan, efek sosial dan ekonomi akan bertahan selama satu generasi," katanya.

Assoc Prof Cook juga mengatakan bahwa bagaimana upaya vaksinasi global akan berjalan dan bagaimana virus bermutasi adalah "dua kunci yang tidak diketahui".

"Tidak jelas bagi saya kapan negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dapat berharap untuk mendapatkan vaksinasi yang cukup bagi populasinya untuk mulai kembali normal," katanya.

"Jika virus cukup bermutasi, mungkin vaksin perlu diformulasi ulang. Kami memiliki pendekatan kerja untuk melakukan ini untuk vaksin influenza, tetapi kami perlu memikirkan bagaimana menyesuaikannya dengan vaksin COVID-19." 

4 dari 4 halaman

Kemungkinan Pandemi Selanjutnya

Bahkan sebelum krisis ini berakhir, banyak yang menunggu krisis berikutnya. 

Dalam wawancara yang menandai satu tahun pandemi COVID-19, Menkes Singapura Gan mengatakan bahwa pandemi berikutnya "tidak terlalu jauh".

Penilaiannya adalah bahwa apa yang terjadi selanjutnya, setelah satu atau dua tahun ke depan, bergantung pada situasi pandemi di seluruh dunia.

"Tidak mudah bagi kami untuk hanya membuka diri. Bahkan setelah kami semua divaksinasi, perjalanan internasional masih menjadi tantangan karena negara lain mungkin tidak membuka," katanya dalam wawancara yang diterbitkan pada 21 Januari.

Dia juga mengatakan bahwa pandemi berikutnya dapat terjadi bahkan sebelum pandemi COVID-19 berakhir.

“Saya yakin pandemi berikutnya akan terjadi jadi sebelum kita merayakan akhirnya COVID-19 berakhir, kita harus selalu waspada bahwa pandemi berikutnya jaraknya dekat. Jadi kita harus selalu siap, bisa saja terjadi kapan saja."

Assoc Prof Cook mengatakan bahwa "tak terelakkan" bahwa dunia akan menghadapi lebih banyak ancaman penyakit menular di tahun-tahun mendatang, dan mendesak orang untuk tidak terburu-buru "membuang koleksi masker Anda".

Dia menunjukkan bahwa ada jarak selama 10 tahun antara pandemi terakhir - H1N1 pada 2009 dan pandemi saat ini, tetapi dalam dekade itu ada keadaan darurat kesehatan masyarakat global lainnya yakni  wabah Zika. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.