Sukses

Cara Membuat Makanan Mirip Donat dari Banyak Negara, Bomboloni hingga Sel Roti

Donat merupakan salah satu makanan yang diminati banyak orang, namun beda negara beda pula jenis donatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengunjungi suatu wilayah baru, hal yang tak terlupakan dan juga seru adalah belajar tentang budayanya. Cara apa yang lebih baik selain melalui makanan?

Sebab sejumlah makanan yang tak bisa dimakan di tempat lain karena hanya terdapat di wilayah itu saja. Tidak seperti donat yang secara luar biasa dan terus-menerus populer di seluruh perbatasan negara dan benua.

 

Baca juga:

 

Saat memikirkan donat, biasanya yang ada dalam bayangan adalah adonan goreng berbentuk lingkaran dengan lubang di tengah disertai taburan manis. Tetapi tahukah Anda tak semua donat di seluruh dunia berbentuk demikian.

Mereka mungkin berbeda, tetapi variasi donat ini tak kalah bikin penikmatnya ngiler.

Mengutip Spoon University, Rabu (27/1/2021), berikut ini ragam makanan serupa donat dari beberapa penjuru dunia dan sekilas cara membuatnya:

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 17 halaman

1. Bomboloni (Italia)

Bomboloni merupakan variasi donat yang berasal dari Italia.

Donat bomboloni termasuk munchkins, kecuali lubang tengah donat ini diisi oleh custard. Tentunya sangat nikmat untuk dicoba.

 

Baca juga:

 

3 dari 17 halaman

2. Berliner (Jerman)

Berliners, juga disebut Bismarcks, dibuat dari adonan ragi manis yang digoreng dan kemudian diisi dengan selai atau selai dan diberi gula.

Selai diisi ke dalamnya seperti donat jeli, namun ada juga yang tidak terisi sama sekali.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 17 halaman

3. Pączki (Polandia)

Donat ini sebenarnya mirip dengan donat dari Berlin, namun dibuat dengan lebih banyak mentega dan telur yang menciptakan tekstur dan rasa yang lebih kaya.

Komunitas Polandia yang besar di kota-kota seperti Chicago, Detroit, Philadelphia dan Boston memperingati Hari Paczki dengan menyantap kue-kue Polandia ini.

Toko roti akan menjual puluhan ribu roti pada hari istimewa ketika antrean membeludak.

5 dari 17 halaman

4. Beignet (Prancis)

Beignet pada awalnya ditemukan sebagai makanan penutup di Prancis, dengan ditaburi gula manisan yang lezat, suguhan ini akan langsung meleleh di mulut Anda.

Tidak seperti kebanyakan donat lainnya, Beignet berbentuk persegi.

Secara tradisional, biasanya donat ini dinikmati dengan kopi panas.

6 dari 17 halaman

5. Jalebi (Asia Selatan dan Timur Tengah)

Hidangan ini direndam dalam sirup saffron yang menjaga tekstur dalam yang berair sekaligus memberikan tekstur luar yang renyah.

Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis membuat hidangan ini cukup digemari oleh semua kalangan usia

Manisan populer disiapkan di seluruh India dan Pakistan dengan sedikit variasi, tetapi semua variasi menikmati status yang sama dari sebuah "pesta manis".

7 dari 17 halaman

6. Churros (Mexico)

Churros merupakan makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari paduan gula, kayu manis, dan adonan goreng.

Awalnya churros ini disajikan untuk sarapan, namun saat ini bisa dipakai juga sebagai makanan pencuci mulut.

Di Kuba, churros sering diisi dengan jambu biji, sementara di negara lain mereka akan mengisinya dengan dulce de leche.

8 dari 17 halaman

7. Sufganiyot (Israel)

Sufganiyot adalah donat jeli versi Israel dan menampilkan berbagai isi krim cappucino, cokelat, custard dan jeli, secara tradisional donat ini disajikan selama Hanukkah (hari raya pentahbisan).

Membuat sufganiyot bisa jadi rumit karena membutuhkan kesabaran, serta peralatan masak ekstra.

Jika Anda mencoba membuatnya di rumah, pertimbangkan untuk membeli termometer klip untuk memastikan oli berada pada suhu yang tepat.

9 dari 17 halaman

8. Youtiao (Cina)

Youtiao seperti roti yang digoreng, orang China biasanya mencelupkan batang roti yang digoreng ke dalam susu kedelai untuk mendapatkan konsistensi renyah hingga lembut yang enak.

10 dari 17 halaman

9. Balushahi (India)

Mirip dengan donat mengkilap mulai dari tampilan hingga bahannya, balushahi yang juga dikenal sebagai badusha, adalah kue tradisional India.

Kue ini direndam dalam sirup untuk memberikan bagian tengah yang lembab dan manis, sebagai makanan penutup bulat yang paling baik dinikmati dengan secangkir teh atau kopi yang nikmat.

11 dari 17 halaman

10. Oliebol (Belgia)

Oliebol berarti "bola minyak" dalam bahasa Belanda.

Makanan penutup yang digoreng seukuran bola bisbol, dan biasanya dimakan selama liburan, biasanya orang Belanda membuatnya menjadi “roti perayaan” dengan menambahkan kismis dan terkadang kacang.

 

12 dari 17 halaman

11. Tulumba and Lokma (Turki dan Yunani)

Tulumba adalah kue-kue manis berbentuk oval kecil dengan pinggiran, terbuat dari adonan yang digoreng keemasan dan renyah, lalu direndam dalam sirup harum yang manis, sirup ini bisa dibuat dari bunga atau buah.

Lokma berbeda karena berbentuk bola adonan bulat berukuran ping-pong yang dimandikan dengan madu kental atau sirup lalu ditaburi kayu manis setelah minyaknya habis.

 

13 dari 17 halaman

12. Koeksister (Afrika Selatan)

Ada dua variasi koeksister yang berbeda, komunitas Cape Malay menyiapkan versi pedas, kue, dan sering kali dilapisi kelapa, dan orang Afrikan biasanya membuat kue jalinan yang lebih manis, renyah, dan lengket yang dicelupkan ke dalam sirup dingin setelah digoreng.

Sirup dingin biasanya kedengarannya tidak menarik, tetapi jika itu melapisi adonan goreng dan gula, sudah pasti lezat.

 

14 dari 17 halaman

13. Sfenj (Afrika Utara)

Berasal dari kata Arab yang berarti spons, Stenj dapat dicelupkan ke dalam madu, gula, sela atau apa pun yang anda suka.

Donat ini tidak dibuat dengan gula, jadi tidak semanis donat versi lain dari seluruh dunia, itu adalah versi 'diet' dari donat.

15 dari 17 halaman

14. Sel roti (Nepal)

Sel Roti dikenal sebagai “roti beras manis” dan menyerupai donat kembung yang besar dan tipis.

Donat renyah berwarna merah ini biasa disajikan di festival-festival di sekitar Nepal, yang mirip dengan kue corong yang juga disajikan di festival.

 

16 dari 17 halaman

15. Buñuelos (Amerika Selatan)

Buñuelos adalah bola adonan seukuran gigitan yang digulung dengan sirup rasa, ditaburi gula kayu manis dan disajikan dengan madu hangat, makanan penutup ini melambangkan keberuntungan.

Proses menyiapkan dan memasak Buñuelos ini sangat padat karya, sehingga banyak orang tidak membuatnya di rumah, dan memilih untuk membelinya.

 

Reporter: Veronica Gita

 

 

Baca juga:

 

17 dari 17 halaman

Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.