Sukses

Waspada, 4 Masalah Ini Terjadi Jika Kondisi Tempat Tidur Anda Kotor dan Penuh Kuman

Tahukah Anda apa yang terjadi jika Anda membiarkan sejumlah benda di tempat tidur tidak dibersihkan?

Liputan6.com, Jakarta - Kita menghabiskan sebagian besar hidup kita (sekitar sepertiganya) untuk tidur, tentunya banyak dihabiskan di atas tempat tidur.

Dan saat kita tidur, kotoran di tubuh seperti minyak, sel kulit mati, dan kotoran lain, dapat tertinggal di seprai dan menumpuk seiring waktu.

Tapi tahukah Anda apa yang terjadi jika Anda membiarkan sejumlah benda di tempat tidur tidak dicuci?

Dikutip dari laman Brightside.me, Rabu (27/1/2021), berikut 4 permasalahan yang terjadi jika tak membersihkan tempat tidur:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jerawat dan kulit teriritasi

Pernahkah Anda memperhatikan munculnya jerawat di kulit Anda?

Kemungkinan besar, sarung bantal Anda kotor. Penggunaan setiap hari dapat menyebabkan kulit mati, minyak, dan bakteri menumpuk dan menyebabkan pori-pori tersumbat, yang menyebabkan jerawat.

Kulit Anda juga bisa menjadi merah, karena bakteri yang ada dalam tungau Demodex, yaitu serangga yang ada di seprai dan bantal.

Jika kulit Anda terlihat "tidak sehat", coba ganti sarung bantal Anda setiap 2 hingga 3 hari.

 

3 dari 5 halaman

2. Alergi

Tidur dengan hewan peliharaan Anda mungkin lucu dan nyaman, tetapi ada beberapa risiko yang harus Anda waspadai.

Karena beberapa hewan peliharaan membawa kutu, penting untuk menyingkirkan kutu ini karena dapat menyebabkan penyakit Lyme.

Bulu hewan peliharaan juga bisa menarik tungau debu untuk hidup di tempat tidur Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menjaga teman berkaki 4 Anda tetap di tempat tidur, pastikan untuk mencuci seprai secara teratur dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihannya.

 

4 dari 5 halaman

3. Kulit kepala yang gatal

Sarung bantal yang hangat dan lembap bisa menjadi rumah yang bagus untuk jamur yang dikenal sebagai dermatofita.

Jamur ini menyebabkan bintik-bintik botak gatal di kulit kepala, atau dikenal sebagai kurap pada kulit kepala. Meskipun Anda dapat dengan mudah mencari perawatan dari profesional medis, pencegahan adalah kuncinya.

Untuk mengurangi kemungkinan timbulnya sensasi iritasi di kepala Anda, pastikan untuk mencuci bantal dan selimut Anda.

 

5 dari 5 halaman

4. Reinfeksi mata merah muda

Jika Anda pernah menderita konjungtivitis, juga dikenal sebagai mata merah, itu bisa diakibatkan oleh seprai di rumah Anda.

Hal ini disebabkan bakteri yang ada di tempat tidur, terutama sarung bantal. Jika Anda atau seseorang yang berbagi ranjang dengan Anda baru-baru ini mengalami konjungtivitis, cuci seprai dengan air panas untuk mengurangi kemungkinan infeksi ulang.

Untuk membunuh kuman, gunakan air panas saat mencuci seprai. Lakukan ini setidaknya sekali seminggu dan Anda harus melakukannya dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini