Sukses

Sukses Daki Puncak Gunung Ekstrem K2, Tim Pendaki Nepal Disambut Bak Pahlawan

10 pendaki Nepal menjadi tim pertama yang mendaki puncak tertinggi kedua di dunia selama musim dingin keras.

Liputan6.com, Kathmandu - Sepuluh pendaki Nepal menjadi tim pertama yang sukses mendaki puncak tertinggi kedua di dunia selama musim dingin ekstrem.

Ketika tim tersebut pulang ke kampung halamannya di Nepal pada Selasa 27 Januari 2021, mereka mendapatkan sambutan bak pahlawan.

Dikutip dari Associated Press (AP), Kamis (28/1/2021), para pendaki gunung, pendukung, teman, dan keluarga dari tim tersebut menyambut kedatangan mereka di bandara Kathmandu. Karangan bunga, sorakan, dan band yang memainkan lagu turut memeriahkan acara penyambutan tersebut.

Setelah itu, mereka dibawa berkeliling kota dengan truk yang terbuka.

"Sebagai tim kami merasa sanggat bangga; kami merasa sangat terhormat. Saya rasa kami mengirimkan pesan yang jelas kepada dunia, jika bersatu tidak ada yang mustahil, jadi semua orang bahagia di sini," kata Nirmal Purja, salah satu anggota tim yang juga memegang rekok pendakian tercepat di puncak nomer 14 tertinggi di dunia.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencapaian Baru untuk Pendaki Nepal

Warga Nepal selama beberapa dekade berkeja sebagai kuli angkut dan pemandu bagi pendaki-pendaki asing yang ingin mendaki gunung.

Tapi, pembuatan rekor sendiri dengan menjalani ekspedisi di puncak tertinggi menandai pencapaian lain bagi pendaki Nepal.

"Ekspedisi ini telah meningkatkan status pendaki Nepal ke ketinggian baru, yang merupakan pencapaian bagi semua pendaki gunung dan menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak dapat kami capai jika kami berusaha," kata Mingma Sherpa, yang mengorganisir ekspedisi.

K2 adalah puncak paling menonjol di sisi pegunungan Himalaya bagian Pakistan. Ketinggiannya merupakan puncak tertinggi kedua setelah Gunung Everest.

K2 tetap menjadi puncak terakhir di atas 8.000 meter di dunia yang belum didaki saat musim dingin.

Tim Nepal tersebut memastikan bahwa semua sepuluh anggota mencapai puncak pada waktu yang sama.

"Kami bersepuluh bekerja sama di level yang sama. Kita semua mengambil risiko besar dalam hidup kita. Kami merasa harus ada keadilan bagi setiap anggota tim," kata Purja.

 

Reporter : Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.