Berawal dari Meme Viral, Boneka Rajut Bernie Sanders Terjual Rp 560 Juta

Oleh Liputan6.comTanti Yulianingsih pada 27 Jan 2021, 14:54 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 14:54 WIB
Senator Vermont, Bernie Sanders
Perbesar
Senator Vermont, Bernie Sanders (Fortune)

Liputan6.com, Washington D.C - Sebuah boneka rajut buatan tangan yang terinspirasi meme viral senator Bernie Sanders di pelantikan Joe Biden berhasil terjual dalam lelang dengan harga fantastis. Penjualan untuk Meals on Wheels Amerika pada Selasa 26 Januari 2021 waktu setempat itu mencapai 40.000 dolar atau sekitar 560 juta rupiah. 

Pembuat boneka tersebut, Tobey King, melelang boneka itu di eBay, dan menjanjikan 100% keuntungannya untuk amal.

"Saya sedang berbincang dengan teman pengerajin lain yang memberi tahu bahwa Bernie baru saja menjual beberapa hoodie dan menyumbang semua hasil penjualan ke Meals on Wheels Vermont, dan saya tahu bahwa hal tersebut yang ingin saya lakukan terhadap boneka yang saya buat," kata King, pemilik dari Tobey Time Crochet.

"Dengan perhatian banyak orang yang didapatnya, saya berharap Meals on Wheels akan mendapat donasi yang baik," sambungnya.

Awalnya tawaran untuk boneka ini hanya 99 sen atau sekitar 13 ribu rupiah, namun pada hari Selasa, 26 Januari 2021 boneka tersebut memiliki 167 penawaran dengan penawaran tertinggi sebesar 20.300 dolar atau sekitar 280 juta rupiah.

Mengutip CNN, Rabu (27/1/2021), juru bicara eBay mengatakan bahwa hal tersebut terinspirasi oleh keputusan King untuk menyumbangkan hasil penjualan dan perusahaan akan menyetarakan tawaran yang menang untuk membantu mendukung lebih banyak orang yang membutuhkan.

Sehingga total yang diperoleh dari lelang tersebut mencapai lebih dari 40.000 dolar atau setara dengan 560 juta rupiah.

Boneka Rajut Viral

Sama seperti meme Bernie Sanders, desain boneka King dan foto boneka buatan tangannya menjadi viral minggu lalu ketika dia memposting foto kreasinya di media sosial. Dia mengatakan, butuh tujuh jam untuk merajut boneka 9 inci yang dibuat dalam posisi duduk di bangku kayu kecil.

King, dari Corpus Christi, Texas, membuat pola dari boneka sebelumnya yang dia buat dari Sanders saat mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020. Kali ini, dia menambahkan sarung tangan rajutan cokelat dan putih yang tengah terkenal dipadu masker warna biru.

"Saya sangat menyukai dan mendukung Bernie," kata King yang berusia 46 tahun dan telah merajut selama delapan tahun.

"Menurutku dia hebat."

King, ibu dua anak ini mulai merajut, menurut situs webnya, ketika dia berhenti dari pekerjaannya untuk menjadi ibu rumah tangga. Dia mulai membuat syal dan pakaian sebelum memutuskan untuk mencoba membuat boneka untuk putrinya.

Sejak itu King membuat boneka yang terinspirasi oleh orang-orang terkenal, mulai dari penyanyi Selena Gomez hingga pemeran "The Golden Girls".

2 dari 4 halaman

Penjualan yang Menginspirasi

Ilustrasi boneka worry (iStock)
Perbesar
Ilustrasi boneka worry (iStock)

Minggu lalu, toko kampanye Senator Sanders mulai menjual kaus yang menampilkan foto yang menginspirasi meme yang tak terhitung jumlahnya, dan semua hasil penjualan akan disumbangkan ke program Meals on Wheels di negara bagian asal Sanders di Vermont.

"Senator Sanders telah lama menjadi salah satu pendukung terbesar Meals on Wheels, dan sungguh luar biasa melihat bagaimana momen tak terduga yang menjadi sorotan ini menginspirasi orang lain untuk bergabung dalam perjuangan guna mengatasi kelaparan dan juga isolasi," kata Jenny Young, wakil presiden komunikasi untuk Meals on Wheels Amerika.

Young juga mengatakan bahwa Meals on Wheels Amerika adalah badan amal resmi eBay dan King telah memilih organisasi tersebut untuk menerima 100% dari hasil penjualan.

"Di tengah pandemi COVID-19, kebutuhan Meals on Wheels meroket karena orang tua yang sudah rentan di tempat itu membutuhkan bantuan vital penyokong kehidupan," tutur Young dalam sebuah pernyataan awal pekan ini.

"Kesadaran untuk tujuan kami sangat dibutuhkan sekarang lebih dari sebelumnya, dan atas nama seluruh jaringan nasional, kami sangat menghargai dukungannya." sambungnya.

 

 

Reporter: Veronica Gita

3 dari 4 halaman

Infografis Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris

Infografis Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓