2 Anjing Joe Biden, Champ dan Major Resmi Huni Gedung Putih

Oleh Liputan6.com pada 26 Jan 2021, 12:56 WIB
Diperbarui 26 Jan 2021, 12:56 WIB
Joe Biden
Perbesar
Major, anjing asal tempat penampungan pertama yang bakal ikut tinggal di Gedung Putih bersama presiden terpilih, Joe Biden. (dok. Instagram @drbiden/https://www.instagram.com/p/CFfmA09BsQk/)

Liputan6.com, Washington D.C - Champ dan Major, dua anjing german sheperds yang dimiliki Joe Biden telah secara resmi bergabung dengan keluarga Orang Nomor Satu di 1600 Pennsylvania Avenue alias Gedung Putih pada Minggu, 24 Januari 2021 waktu setempat.

"Keluarga Presiden AS ingin membiasakan diri sebelum membawa anjing-anjing itu ke Washington dari Delaware. Champ sedang menikmati tempat tidur anjing barunya di dekat perapian, dan Major senang berlarian di South Lawn," kata sekretaris pers Ibu Negara Jill Biden, Michael LaRosa kepada CNN dalam pernyataan yang disampaikan Senin 25 Januari.

Dikutip dari CNN, Selasa (26/1/2021), dengan adanya Champ dan Major, tradisi lama presiden membawa hewan peliharaan mereka ke Gedung Putih telah kembali.

Sebelumnya, Donald Trump dan keluarganya tidak memiliki hewan peliharaan selama tinggal di Gedung Putih.

Champ sudah menjadi bagian keluarga Joe Biden sejak menjadi wakil presiden Barack Obama pada 2008. Sedangkan Major diadopsi dari penampungan anjing pada November 2018.

Hal tersebut membuat Major menjadi anjing pertama yang di adopsi dari penampungan yang pernah tinggal di Gedung Putih.

Major diadopsi beberapa bulan sebelum Biden mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu tahun lalu.

Delaware Humane Association, tempat penampungan Major, dan Pumpkin Pet Insurance mengadakan perayaan virtual "Indoguration Party" untuk Major pada awal bulan ini.

2 dari 4 halaman

Jill Biden Suka Memiliki Hewan, Akan Ada Kucing?

Anjing Peliharaan Joe Biden
Perbesar
Anjing peliharaan Joe Biden, Champ dan Major, muncul dalam video Natal 2020. (dok. tangkapan layar Twitter @JoeBiden)

Walaupun Major anjing dari penampungan pertama yang tinggal di Gedung Putih, tempat penampungan binatang di Amerika Serikat sering menerima dana dari pemerintah. Berbeda dengan organisasi-organisasi penyelamatan hewan yang seringkali sepenuhnya dijalankan oleh sukarelawan.

Selain Major, putri mantan Presiden Lyndon B. Johnson, Luci, juga pernah menyelamatkan seekor anak anjing yang ditinggalkan oleh pemiliknya di sebuah pom bensin.

Kucing keluarga mantan Preisden Bill Clinton yang bernama Socks juga diadopsi dari penampungan.

Jill Biden mengatakan kepada Fox 5 di Washington bahwa ia "senang memelihara kucing," dan "Saya suka memiliki hewan di sekitar rumah."

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pada hari Minggu bahwa dia tidak memiliki informasi terbaru terkait kucing itu.

"Saya juga bertanya-tanya tentang kucing itu, karena kucing itu akan mendominasi internet kapan pun kucing itu diumumkan dan di mana pun kucing itu ditemukan," kata Psaki dalam sebuah video yang menjawab pertanyaan di Twitter.

Memiliki peliharaan di Gedung Putih berawal dari Thomas Jefferson yang memiliki burung mockingbird dan beberapa anak beruang selama kepresidennya.

Setelah itu, hewan peliharaan presiden menjadi semacam selebritas bagi masyarakat.

 

Reporter : Paquita Gadin 

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓