Sukses

Mantan Jubir Donald Trump Maju dalam Pemilihan Gubernur Arkansas

Sarah Huckabee Sanders, mantan jubir Presiden Donald Trump, bersiap menjadi gubernur Arkansas.

Liputan6.com, Little Rock - Mantan juru bicara Donald Trump, Sarah Huckabee Sanders, maju sebagai gubernur Arkansas. Wanita itu aktif di Gedung Putih pada 2017-2019.

Keputusan Sanders untuk menjadi gubernur mencuat setelah Donald Trump digantikan Joe Biden. Arkansas merupakan basis Partai Republik dan memilih Donald Trump pada pemilu AS 2016 dan 2020.

Dilaporkan AP News, Senin (25/1/2021), kabar pencalonan Sanders dibocorkan oleh tim kampanyenya. Rencananya, ia akan mengumumkan secara resmi pada hari ini, meski spekulasi sudah beredar sejak 2019.

Donald Trump telah memberikan restu bagi Sarah agar maju sebagai gubernur Sarah Sanders merupakan putri dari mantan Gubernur Arkansas Mike Huckabee yang juga pendukung Trump.

Sarah Huckabee menjadi jubir di Gedung Putih ketika Donald Trump sedang intens melakukan negosiasi nuklir dengan Korea Utara. Sarah juga ikut mendampingi Trump saat menemui Kim Jong-un.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Ada Pesaing dari Partai Demokrat

Arkansas merupakan red state yang dipegang oleh Partai Republik. Ayah Sanders menjabat sebagai gubernur selama dua periode pada 1996 hingga 2007.

Mike Huckabee lantas digantikan oleh Mike Beebe dari Partai Demokrat, tetapi wakil gubernurnya merupakan anggota Partai Republik.

Gubernur saat ini adalah Asa Hutchinson.

Sarah akan bersaing dengan Wakil Gubernur Tim Griffin dan Jaksa Agung Leslie Rutledge untuk mendapat tiket cagub Partai Republik. Sementara, Partai Demokrat belum memajukan nama bakal cagub.

3 dari 3 halaman

Karier Usai Gedung Putih

Sarah Sanders merupakan satu dari tiga jubir perempuan yang diangkat oleh Donald Trump. Ia menjabat setelah Sean Spicer. 

Ia pertama menjabat di Gedung Putih sebagai wakil Sean Spicer.

Selama Sanders menjabat sebagai jubir, investigasi Rusia sedang menjadi sasaran pemberitaan sehingga Sanders kerap adu argumen dengan media pada saat press briefing. 

Ia mundur pada Juli 2019 dan kemudian digantikan oleh Stephanie Grisham. 

Sarah Sanders merupakan ibu dari tiga anak. Usai mundur sebagai jubir, ia merilis buku berjudul Speaking for Myself: Faith, Freedom, and the Fight of Our Lives Inside the Trump White House. 

Buku itu menjadi sorotan ketika Sarah berbagi pengalaman saat bertemu Kim Jong-un. Sarah mengira Kim Jong-un memberikan kode rayuan kepadanya, kemudian Presiden Trump bercanda bahwa Kim menyukai Sarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.