Sukses

Para Pemimpin Dunia Sambut Kembalinya AS ke Perjanjian Iklim Paris di Era Joe Biden

Sejumlah pemimpin dunia termasuk PM Inggris dan Presiden Prancis menyambut keputusan Joe Biden untuk membawa AS kembali ke dalam Perjanjian Iklim Paris.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemimpin dunia menghela napas lega bahwa Amerika Serikat, di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden bergabung kembali dengan upaya global untuk mengekang perubahan iklim, di mana hal tersebut merupakan sebuah alasan yang telah dijauhi pendahulunya selama empat tahun terakhir.

Mengutip AP News, Jumat (22/1/2021), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Prancis Emmanuel Macron termasuk di antara mereka yang menyambut keputusan Biden untuk bergabung kembali dengan kesepakatan iklim Paris, membalikkan kebijakan utama Trump pada jam-jam pertama masa kepresidenannya pada Rabu (20/1). 

"Bergabung kembali dengan Perjanjian Paris adalah berita yang sangat positif," cuit Johnson, yang negaranya menjadi tuan rumah KTT iklim PBB tahun ini.

Macron berkata bahwa dengan Biden, “kita akan lebih kuat untuk menghadapi tantangan zaman kita. Lebih kuat untuk membangun masa depan kita. Lebih kuat untuk melindungi planet kita."

Kesepakatan Iklim Paris, yang dibuat di ibu kota Prancis pada 2015, membuat negara-negara berkomitmen untuk mengajukan rencana pengurangan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida, yang dilepaskan dari pembakaran bahan bakar fosil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donald Trump Pilih Hengkang dari Kesepakatan Iklim Paris

AS secara resmi meninggalkan pakta pada November.

Sebagai presiden, Donald Trump mempertanyakan peringatan ilmiah tentang pemanasan global buatan manusia, bahkan terkadang menuduh negara lain menggunakan kesepakatan Paris sebagai sarana untuk menyakiti Washington. 

“Kepergian Amerika Serikat darinya jelas telah mengurangi kemampuan kami untuk mengubah banyak hal, secara konkret untuk mengurangi emisi gas rumah kaca,” kata Walikota Paris Anne Hidalgo.

"Sekarang kita berurusan dengan pemerintahan yang sadar akan apa yang dipertaruhkan dan yang sangat berkomitmen untuk menggunakan suara Amerika Serikat, suara yang sangat kuat di tingkat internasional," katanya.

Biden menempatkan perang melawan perubahan iklim di pusat kampanye kepresidenannya dan pada hari Rabu segera meluncurkan serangkaian upaya ramah iklim untuk membawa Washington kembali sejalan dengan seluruh dunia dalam masalah ini.

“Seruan untuk bertahan hidup datang dari planet itu sendiri,” kata Biden dalam pidato pelantikannya. 

“Tangisan yang tidak bisa lebih putus asa atau lebih jelas sekarang.”

3 dari 3 halaman

Upaya Kekang Pemanasan Global

Para ahli mengatakan setiap upaya internasional untuk menjaga pemanasan global jauh di bawah 2 derajat Celcius (3,6 Fahrenheit), idealnya 1,5C (2,7F), sebagaimana disepakati dalam kesepakatan Paris akan berjuang tanpa kontribusi AS, yang merupakan penghasil karbon terbesar kedua di dunia.

Ilmuwan mengatakan bahwa waktu hampir habis untuk mencapai tujuan itu karena dunia telah menghangat 1,2 C (2,2 F) sejak masa pra-industri.

Yang paling penting adalah deforestasi di hutan hujan Amazon yang luas. Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah menghadapi kritik dari para pemimpin global, termasuk Biden sebelum kemenangan pemilihannya, dan organisasi nirlaba karena meningkatnya deforestasi.

Bolsonaro telah meremehkan upaya internasional untuk mengarahkan pengelolaan Brasil atas hutan hujan yang sangat besar, dengan mengatakan sumber dayanya harus dimanfaatkan untuk mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Namun, dia mengirim surat kepada Biden pada hari Rabu dan mendesak agar kedua negara melanjutkan "kemitraan yang mendukung pembangunan berkelanjutan dan perlindungan lingkungan, terutama Amazon."

“Saya menekankan bahwa Brasil telah menunjukkan komitmennya dengan Paris Accord setelah pengenalan tujuan nasional barunya,” tambah Bolsonaro dalam surat tersebut, yang dipublikasikan di saluran media sosialnya.

Italia mengatakan, kembalinya AS ke perjanjian Paris akan membantu negara lain mencapai komitmen iklim mereka sendiri. 

“Italia berharap dapat bekerja sama dengan AS untuk membangun planet yang berkelanjutan dan memastikan masa depan yang lebih baik untuk generasi berikutnya,” tweet Perdana Menteri Giuseppe Conte.

Vatikan juga, jelas senang karena keputusan itu sejalan dengan agenda lingkungan dan keyakinan Paus Fransiskus pada diplomasi multilateral. Dalam editorial halaman depan di L'Osservatore Romano hari Rabu, wakil direktur editorial Vatikan Alessandro Gisotti mencatat bahwa keputusan Biden untuk bergabung kembali dengan Paris "sejalan dengan komitmen Paus Fransiskus yang mendukung hak asuh rumah kita bersama."

Kanselir Jerman Angela Merkel lebih diam dalam reaksinya, mencatat pada hari Kamis bahwa pemerintahnya "mungkin akan memiliki pendapat yang lebih mirip" dengan Biden tentang masalah-masalah seperti kesepakatan iklim Paris, migrasi dan Organisasi Kesehatan Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.