Selain Jadi Presiden Tertua AS, Ini Sejarah Baru yang Ditorehkan Joe Biden

Oleh Tanti Yulianingsih pada 21 Jan 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 18:35 WIB
Hari Pertama Joe Biden Jadi Presiden AS
Perbesar
Presiden Joe Biden merapikan dokumen usai menandatangani perintah eksekutif pertamanya di Ruang Oval, Gedung Putih di Washington, Rabu (20/1/2021). Pada hari pertamanya menjabat, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani sejumlah tindakan eksekutif di Gedung Putih. (AP Photo/Evan Vucci)

Liputan6.com, Washington D.C - Joe Biden telah resmi menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat per 20 Januari 2021, setelah melalui acara pelantikan di Capitol Hill, Washington D.C..

Mengutip dari CNN, Kamis (21/1/2021), Joe Biden tercatat menjadi orang tertua yang pernah menjabat sebagai presiden AS. Ia lahir tahun 1942, dengan kata lain dirinya menjadi pemimpin negara pada usia 78 tahun. Empat tahun lebih senior dari pendahulunya, Donald Trump.

Hal itu, membuat Joe Biden memungkinkan untuk mengklaim sejumlah pencapaian historis lainnya. Berikut ini sejarah baru AS yang ditorehkan Joe Biden:

Presiden Pertama dari Silent Generation

Joe Biden adalah yang pertama dan kemungkinan menjadi satu-satunya presiden yang masuk kategori Silent Generation. Generasi ini adalah mereka yang terlahir diartikan sebagai orang yang lahir dari tahun 1928 hingga 1945.

Berdasarkan definisi ini dan data Sensus AS, ada 23 juta Silent Generation di Amerika Serikat pada 2019.

Meskipun hitungan generasi ini adalah ilmu yang tidak pasti, Joe Biden adalah presiden pertama yang lahir antara tahun 1928 dan 1945. Dengan kata lain, cukup tua untuk lahir sebelum akhir Perang Dunia II dan cukup muda untuk tidak pernah wajib militer sebelum perang berakhir.

 
2 dari 4 halaman

Presiden Pertama yang Lahir Sebelum Akhir Perang Dunia II

Joe Biden mengajak para peserta upacara pelantikannya untuk mengheningkan cipta dan mengenang para korban COVID-19 dalam pidato pertamanya sebagai presiden AS ke-46.
Perbesar
Joe Biden mengajak para peserta upacara pelantikannya untuk mengheningkan cipta dan mengenang para korban COVID-19 dalam pidato pertamanya sebagai presiden AS ke-46.

Joe Biden adalah presiden pertama yang lahir sebelum akhir Perang Dunia II dalam hampir 30 tahun.

Presiden AS lainnya yang dimulai dengan Bill Clinton adalah anggota generasi Baby Boomer.

Sementara presiden AS dari John F. Kennedy hingga George H.W. Bush lahir antara 1901 dan 1927 (yaitu Greatest Generation).

Joe Biden menggantikan anggota Silent Generation lainnya (misalnya Michael Dukakis, Walter Mondale dan John McCain) yang telah gagal sebelumnya menjadi Presiden AS.

 

3 dari 4 halaman

Menang Pilpres 2020

FOTO: Joe Biden - Kamala Harris Sampaikan Pidato Kemenangan Pilpres AS 2020
Perbesar
Presiden terpilih Joe Biden (kedua kanan) dan istrinya Jill Biden (kanan) bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris (kedua kiri) dan suaminya Doug Emhoff (kiri) saat menyampaikan pidato kemenangan Pilpres AS 2020 di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7/11/2020). AP Photo/Andrew Harnik, Pool)

Joe Biden dinyatakan menang pemilu AS 2020 mengalahkan capres petahana Donald Trump di negara-negara bagian vital seperti Pennsylvania, Michigan, dan Wisconsin. 

Berdasarkan data AP News, Sabtu 7 November 2020, Joe Biden meraih 284 suara elektoral dan total 74 juta suara. Donald Trump hanya mendapat 70 juta suara dan 214 suara elektoral.

Joe Biden menang setelah mendapat banyak dukungan dari surat suara via pos.

Tahun ini, Joe Biden berusia 78 tahun. Joe Biden merupakan presiden terpilih yang paling tua dalam sejarah AS. 

Joe Biden telah aktif di dunia politik selama hampir setengah abad. Sejak 1973 hingga 2009, ia menjabat sebagai senator dari Delaware. 

Selanjutnya, ia menjabat sebagai wakil presiden bagi Presiden Barack Obama selama delapan tahun. 

Joe Biden menang pemilu AS bersama Kamala Harris yang merupakan senator dari California. Usia Kamala cukup muda yakni 56 tahun.

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓