Suka Cita Astronaut NASA Rayakan Pelantikan Joe Biden di Angkasa Luar

Oleh Tanti Yulianingsih pada 21 Jan 2021, 10:59 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 11:16 WIB
Ilustrasi astronot
Perbesar
Ilustrasi astronot (NASA)

Liputan6.com, Washington D.C - Suka cita pelantikan Joe Biden juga dirasakan oleh astronaut NASA Kate Rubins dan awak Amerika dari Ekspedisi 64. Mereka turut serta merayakannya dari Stasiun Luar Angkasa Internasional kira-kira 200 mil di atas Bumi.

"Kami di sini bekerja dengan mitra internasional kami untuk menemukan terobosan ilmiah baru, dari vaksin yang lebih baik hingga air minum yang lebih aman untuk membantu orang di seluruh dunia," ucap Rubins dalam pesan yang diputar selama perayaan Celebrating America seperti dikutip dari CNN, Kamis (21/1/2021).

"Sama seperti kami merayakan dua dekade kerja sama global dan luar angkasa, sungguh suatu kehormatan bagi kita merayakan Amerika hari ini. Saat kita bersatu untuk tradisi pengukuhan bersejarah yang berlangsung lebih dari dua abad ini," imbuh Rubins.

Sebelumnya, sederet pemimpin dunia mengirimkan ucapan selamat ke Joe Biden.

Dimulai dari Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga yang menulis di akun Twitternya, "Selamat kepada Presiden @JoeBiden dan Wakil Presiden @KamalaHarris pada pelantikan Anda. Jepang dan Amerika Serikat adalah sekutu yang terikat kuat oleh ikatan dan nilai universal bersama."

Selanjutnya, Presiden Chile Sebastian Pinera menulis cuitan di Twitternya, "Hari ini @JoeBiden menjabat sebagai Presiden AS ke-46. Pemerintahannya akan memiliki misi untuk menyembuhkan jiwa negara dan memperkuat persahabatan sipil."

"Komitmen terhadap demokrasi, kebebasan dan hak asasi manusia tidak mengenal batas. Saya berharap yang terbaik untuk Presiden Biden."

Presiden Kolombia Alvaro Uribe pun juga mendoakan kesuksesan bagi pemerintahan Joe Biden.

"Semua yang terbaik bagi AS dan Joe Biden Pemerintah AS:. Demokrasi Teladan dan mendasar sekutu," tulis Uribe di Twitter dalam bahasa Spanyol.

2 dari 3 halaman

Twitter Gedung Putih Dialihkan untuk Pemerintahan Joe Biden

Joe Biden dan Kamala Harris Resmi Pimpin Amerika Serikat
Perbesar
Presiden Joe Biden berbicara selama Pelantikan di US Capitol di Washington, Rabu (20/1/2021). Joe Biden mengalahkan Donald Trump di pemilu AS 2020 dengan perolehan 81 juta suara. (AP Photo/Patrick Semansky, Pool)

Sementara itu, akun Twitter Gedung Putih telah dialihkan dari pemerintahan Trump ke pemerintahan Biden, menurut juru bicara Twitter Nick Pacilio.

Proses ambil alih ini segera dilakukan usai Joe Biden dan Kamala Harris resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Amerika Serikat, sesaat usai dilantik. 

Ada pun akun-akun Twitter yang mengalami pergantian nama adalah @Transition46 telah menjadi @WHouse@PresEect telah menjadi @POTUS@SenMala sudah menjadi @VP, @FLOTUSiden telah menjadi @FLOTUS dan @PressSPaki telah menjadi @PressSec.

Sementara itu, akun Twitter baru dengan nama @SecondGentleman juga dibuat untuk suami Kamala Harris, Douglas Emhoff yang akan menjadi sebagai bapak negara pertama di Amerika Serikat. 

Akun Twitter administrasi Trump sekarang diarsipkan untuk umum, kata Pacilio. Itu termasuk @POTUS45@WhiteHouse45, @VP45, @PressSec45, @FLOTUS45 dan @SecondLady45.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓