Joe Biden Resmi Jadi Presiden Ke-46 Amerika Serikat

Oleh Tommy Kurnia pada 20 Jan 2021, 23:50 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 09:18 WIB
Detik-Detik Persiapan Pelantikan Joe Biden
Perbesar
Presiden terpilih Joe Biden berdiri bersama istrinya Jill Biden seusai berbicara di pusat Garda Nasional di Delaware, Selasa (19/1/2021). Presiden terpilih AS Joe Biden menjadi emosional selama upacara perpisahan singkat di Delaware sebelum menuju ke Washington untuk pelantikannya. (AP Photo/Evan Vu

Liputan6.com, Washington, D.C. - Joe Biden resmi dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat (AS). Ia menjadi presiden AS tertua dalam sejarah.

Biden disumpah oleh Hakim Mahkamah Agung John Roberts.

"Saya Joseph Robinette Biden Junior bersumpah dengan khidmat bahwa saya akan dengan setia melaksanakan jabatan Presiden Amerika Serikat, dan saya dengan kemampuan terbaik saya akan menjaga, melindungi, dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat, maka Tuhan bantulah saya," ujar Joe Biden, Rabu (20/1/2021).

Joe Biden mengalahkan Donald Trump di pemilu AS 2020 dengan perolehan 81 juta suara. Biden memenangkan suara populer dan suara elektoral.

Pelantikan Joe Biden dihadiri mantan presiden Barack Obama, Bill Clinton, dan George W. Bush. Namun, tidak dengan Donald Trump. 

Mantan Wakil Presiden Mike Pence turut hadir bersama istri. Tokoh senior Partai Republik, Senator Mitch McConnell, juga datang.

Semua peserta terpantau memakai masker. Pelantikan dibuka oleh Senator Amy Klobuchar.

Joe Biden berjanji akan memberikan persatuan ke warga AS. Tugas berat lainnya adalah melawan dampak COVID-19.

2 dari 3 halaman

Peserta yang Hadir

Ribuan Bendera AS Sambut Pelantikan Joe Biden
Perbesar
Ribuan bendera ditempatkan di National Mall, menghadap ke Monumen Washington, dan Lincoln Memorial, menjelang pelantikan Presiden terpilih Joe Biden di Washington, Senin (18/1/2021). Pelantikan Biden dan wakilnya, Kamala Harris akan mencakup "parade virtual di seluruh AS". (AP Photo/Alex Brandon)

Dalam Pelantikan Joe Biden, tokoh-tokoh politik yang hadir serta keluarga mereka tampak mengenakan masker.

Berdasarkan pantauan live streaming, Rabu (20/1/2021), mantan presiden Barack Obama, Bill Clinton, dan George W Bush semuanya menggunakan masker. 

Putra Joe Biden, Hunter, yang sempat tersandung skandal bisnis dengan China juga hadir.

Calon Menteri Perhubungan Pete Buttigieg dan suaminya turut hadir. Kedua pria milenial itu kompak memakai masker.

Hadir juga Senator Amy Klobuchar. Senator dari Minnesota itu membuka acara pelantikan.

Ada pula mantan penasihat kampanye Hillary Clinton, Donna Brazile yang hadir di podium bersama para tokoh politik. Suami Jennifer Lopez juga tampak. 

Wakil Presiden Mike Pence hadir bersama istrinya, Karen. Pence akan digantikan oleh mantan senator Kamala Harris. Pence tampak mengobrol dengan Bill Clinton.

Kamala Harris tampil menggenakan pakaian berwarna ungu.

Hakim Mahkamah Konstitusi juga hadir dengan bermasker, termasuk Brett Kavanaugh dan Amy Coney Barrett yang dipilih Donald Trump.

Lady Gaga akan menyayikan lagu kebangsaan, Jennifer Lopez turut tampil, selain itu penyair muda Amanda Gorman akan membaca puisi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓