Tamu Pelantikan Joe Biden Saat Pandemi COVID-19 Terpantau Tertib Pakai Masker

Oleh Tommy Kurnia pada 20 Jan 2021, 23:05 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 23:51 WIB
Ribuan Bendera AS Sambut Pelantikan Joe Biden
Perbesar
Ribuan bendera ditempatkan di National Mall, menghadap ke Monumen Washington, dan Lincoln Memorial, menjelang pelantikan Presiden terpilih Joe Biden di Washington, Senin (18/1/2021). Pelantikan Biden dan wakilnya, Kamala Harris akan mencakup "parade virtual di seluruh AS". (AP Photo/Alex Brandon)

Liputan6.com, Washington, D.C. - Pelantikan Joe Biden menjadi presiden Amerika Serikat (AS) akan segera dilaksanakan meski berlangsung di tengah pandemi COVID-19. Tokoh-tokoh politik yang hadir serta keluarga mereka tampak tertib mengenakan masker.

Berdasarkan pantauan live streaming CNN, Rabu (20/1/2021), mantan presiden Barack Obama, Bill Clinton, dan George W Bush terlihat tertib menggunakan masker.

Putra Joe Biden, Hunter, yang sempat tersandung skandal bisnis dengan China juga hadir.

Calon Menteri Perhubungan Pete Buttigieg dan suaminya turut hadir. Kedua pria milenial itu kompak memakai masker.

Hadir juga Senator Amy Klobuchar. Senator dari Minnesota itu membuka acara pelantikan.

Ada pula mantan penasihat kampanye Hillary Clinton, Donna Brazile yang hadir di podium bersama para tokoh politik. Suami Jennifer Lopez juga tampak. 

Wakil Presiden Mike Pence hadir bersama istrinya, Karen. Pence akan digantikan oleh mantan senator Kamala Harris. Pence tampak mengobrol dengan Bill Clinton.

Kamala Harris tampil menggenakan pakaian berwarna ungu.

Hakim Mahkamah Agung juga hadir dengan bermasker, termasuk Brett Kavanaugh dan Amy Coney Barrett yang dipilih Donald Trump.

Lady Gaga akan menyayikan lagu kebangsaan, Jennifer Lopez turut tampil, selain itu penyair muda Amanda Gorman akan membaca puisi.

2 dari 3 halaman

Pesan Cinta Joe Biden untuk Istri Jelang Dilantik Jadi Presiden AS

Kedatangan rombongan Joe Biden dan Kamala Harris di Gedung Capitol Hill, AS untuk mengikuti upacara pelantikan pada Rabu (20/1/2021).
Perbesar
Kedatangan rombongan Joe Biden dan Kamala Harris di Gedung Capitol Hill, AS untuk mengikuti upacara pelantikan pada Rabu (20/1/2021). (Siaran langsung VOA)

Beberapa saat setelah tiba di Gedung Capitol Hill AS untuk pelantikan, akun Joe Biden mengirim twit dengan pesan kepada istrinya sekaligus calon ibu negara Jill Biden. 

Tweet itu berbunyi: "Aku mencintaimu, Jilly, dan aku tidak bisa lebih bersyukur karena kamu bersamaku dalam perjalanan ke depan." Itu termasuk video pendek dari keduanya yang berpegangan tangan saat mereka tiba untuk upacara pelantikan. 

Jill Biden yang memiliki nama asli Jill Jacobs lahir pada Juni 1951 di negara bagian New Jersey, AS. Ia adalah anak tertua dari lima bersaudara yang tumbuh besar di Willow Grove, pinggiran Philadelphia.

Sebelum menikahi Joe, ia sempat menjalin biduk rumah tangga dengan mantan pemain sepak bola Bill Stevenson.

Sementara itu, Joe Biden kehilangan istri pertamanya dan putrinya yang berusia satu tahun dalam kecelakaan mobil pada tahun 1972. Kedua putranya, Beau dan Hunter, selamat dari kecelakaan itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓