Jaket Kontroversial Melania hingga Ricuh Capitol Hill, 10 Momen Ikonik Era Donald Trump

Oleh Liputan6.com pada 20 Jan 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 18:49 WIB
Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO.
Perbesar
Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO. Dok: Gedung Putih

Liputan6.com, Washington D.C - Donald Trump merupakan presiden Amerika Serikat ke-45 yang dilantik pada 20 Januari 2017. Kerumunan terlihat berkumpul di upacara pelantikannya saat itu.

Dari awal kampanye sampai pada masa jabatannya ada banyak pro-kontra, serta kejadian menarik yang telah dilalui dan menjadi catatan sejarah.

Mengutip dari BBC, Rabu (20/1/2021), saat Donald Trump menjelang akhir masa kepresidenannya, berikut ini sepuluh momen menarik dari empat tahun masa jabatannya:

2 dari 13 halaman

1. Klaim Pelantikan yang Dihadiri Massa Terbanyak, Tuding Media Berbohong

FOTO: Massa Pendukung Donald Trump Serbu Capitol Hill, 1 Orang Tewas
Perbesar
Massa pendukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump berdiri di atas kendaraan polisi di Capitol Hill, Washington, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021). Kericuhan terjadi saat massa pendukung Donald Trump merangsek masuk ke dalam Gedung Capitol Hill. (AP Photo/Julio Cortez)

Beberapa hari setelah pelantikan tersebut, Trump menuduh media berbohong mengenai orang-orang yang datang ke acara pelantikannya. Dia marah karena gambar yang menunjukkan kerumunan saat pelantikannya lebih rendah daripada pelantikan pertama Barack Obama pada tahun 2009.

Donald Trump mengklaim tak demikian.

Sekertaris Pers Gedung Putih Sean Spicer mengatakan kepada media bahwa pelantikan tersebut merupakan pelantikan dengan penonton terbanyak.

"Hadirin terbanyak yang pernah melihat pelantikan," kata Sean Spicer.

3 dari 13 halaman

2. Reaksi Trump Atas Sebuah Kasus Yang Mendorong Joe Biden Menjadi Calon Presiden

Donald Trump ketika berpidato di hadapan para pendukungnya dalam rangka 100 hari pemerintahannya
Perbesar
Donald Trump ketika berpidato di hadapan para pendukungnya dalam rangka 100 hari pemerintahannya (AP/Patrick Semansky)

Para demonstran diterangi obor melakukan pawai melintasi Charlottesville, Virginia, pada Agustus 2017. Kala itu pendukung sayap kanan dan nasionalis kulit putih turut serta.

Keesokan harinya, setelah rapat umum tersebut, seorang wanita ditemukan tewas dan 19 lainnya luka-luka ketika sebuah mobil menabrak kerumunan pengunjuk rasa di kota.

Sebagai tanggapan, Presiden Trump mengutuk kekerasan oleh banyak pihak yang memicu gelombang kritik. Kemudian setelah 48 jam, dia juga mengecam ekstremis sayap kanan, "KKK, neo-Nazi, dan supremasi kulit putih menjijikan atas semua yang kita ketahui." katanya.

Dari reaksi Trump tersebut, Joe Biden mengatakan bahwa tanggapan presiden terhadap tragedi itulah yang mendorong keputusannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden selanjutnya.

4 dari 13 halaman

3. Kisruh Donald Trump Pada KTT G7 di Kanada

Donald Trump dikucilkan dalam KTT G7 (Jesco Denzel/German Federal Government via AP Images)
Perbesar
Donald Trump dikucilkan dalam KTT G7 (Jesco Denzel/German Federal Government via AP Images)

Kehadiran Trump pada KTT G7 di Kanada pada Juni 2018 tidak dimulai dengan baik. Sebelum acara tersebut, presiden mengumumkan tarif impor baja dan aluminium dari UE, Meksiko dan Kanada.

Gambar lain dari pertemuan tersebut menunjukkan hubungan yang lebih bersahabat antara para pemimpin - tetapi foto ini dianggap oleh banyak orang sebagai cerminan ketegangan yang mendasari pertemuan tersebut.

Trump meninggalkan KTT sebelum para pemimpin lain dan mengklaim bahwa Amerika "seperti celengan yang dirampok semua orang".

5 dari 13 halaman

4. Arti Tulisan di Jaket Melania Trump Jadi Kontroversi

Melania Trump Jenguk Anak-anak di Pusat Detensi Perbatasan
Perbesar
Ibu Negara AS Melania Trump menaiki kendaraan usai mengunjungi anak-anak imigran telantar di Lanud Andrews, Maryland, Kamis (21/6). Jaket yang konon harganya 39 dolar AS atau sekitar Rp 550 ribu itu membuatnya jadi topik terkini Twitter (AP/Andrew Harnik)

Ibu Negara Amerika Serikat, Melania Trump, pada bulan Juni 2018 yang lalu terlihat memakai sebuah jaket yang bertuliskan "I really don't care, do you?" di bagian belakang, selama perjalanan ke pusat penahanan anak migran.

Hal itu memicu spekulasi tentang pesan apa yang ingin disampaikan oleh Nyonya Trump dengan mengenakan jaket tersebut dalam perjalanannya. Ketika pada saat itu presiden sedang dikecam atas kebijakannya yang memisahkan anak-anak dengan orang tua mereka di perbatasan.

Akhirnya Ibu Negara, Melania Trump, mengakui bahwa itu adalah pesan yang ingin dia sampaikan untuk kelompok oposisi.

"Untuk rakyat dan media sayap kiri yang mengkritik saya. Saya ingin menunjukkan kepada mereka bahwa saya tidak peduli. Anda dapat mengkritik apa pun yang ingin Anda katakan. Tetapi itu tidak akan terjadi. hentikan saya untuk melakukan apa yang saya rasa benar." tuturnya.

6 dari 13 halaman

5. Tepuk Tangan Pelosi

Ketua DPR AS Robek Naskah Pidato Kenegaraan Donald Trump
Perbesar
Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi (kanan) merobek naskah pidato kenegaraan Presiden Donald Trump dalam Kongres di Capitol Hill, Washington, Selasa (4/2/2020). Pelosi merobek naskah pidato kenegaraan State of the Union (SOTU) usai Trump berpidato. (AP Photo/Patrick Semansky)

Donald Trump menyerukan kompromi dalam politik selama pidato kenegaraannya pada Februari 2019, tetapi Nancy Pelosi yang merupakan Ketua DPR digambarkan memberikan apa yang dilihat banyak orang sebagai tepukan sarkastik.

Ia melanggar protokol dengan tidak menunggu perkenalan secara adat dari Ketua DPR sebelum memulai pidatonya.

Gambar yang disebut "tepuk tangan Pelosi" dengan cepat menjadi viral dan tampaknya menunjukkan persaingan politik antara keduanya.

7 dari 13 halaman

6. Donald Trump Berhasil Masuk Garis Demarkasi Militer Korut dan Korsel

Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di sisi utara garis demarkasi militer, zona demiliterisasi Korea (DMZ), Panmunjom pada Minggu 30 Juni 2019 (Brendan Smialowski / AFP PHOTO)
Perbesar
Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di sisi utara garis demarkasi militer, zona demiliterisasi Korea (DMZ), Panmunjom pada Minggu 30 Juni 2019 (Brendan Smialowski / AFP PHOTO)

Pada Juni 2019, Donald Trump berhasil masuk ke sisi utara garis demarkasi militer yang memisahkan Korea Utara dan Selatan. Dengan adanya hal ini, Trump resmi menjadi presiden AS pertama yang melewati batas.

Keputusan Trump untuk bertemu Kim Jong-un tanpa prasyarat juga berhasil mengejutkan dunia.

Meskipun hubungan semakin memanas, hanya sedikit kemajuan konkret yang dibuat dalam negosiasi program nuklir Korea Utara.

8 dari 13 halaman

7. Kim Kardashian Berbicara di Gedung Putih

Kim Kardashian West  berkampanye tentang reformasi peradilan pidana di Gedung Putih (AFP Photo)
Perbesar
Kim Kardashian West berkampanye tentang reformasi peradilan pidana di Gedung Putih (AFP Photo)

Kim Kardashian West berbicara di sebuah acara bertempat di Gedung Putih tentang reformasi penjara pada Juni 2019. Hal itu menjadi sorotan publik.

Pada 2018, aktivis selebritas itu mempengaruhi pemerintahan Trump atas nama seorang nenek yang dipenjara seumur hidup. Alice Johnson kemudian diberikan grasi dalam keputusan penting oleh Trump.

Presiden Trump telah memberikan pengampunan kepada 94 orang dan ada spekulasi dia mungkin akan memaafkan 100 orang lainnya sebelum dia meninggalkan jabatannya.

9 dari 13 halaman

8. Pose Donald Trump Memegang Alkitab Pada Juni 2019

Perangkat Google Untuk 'Singkirkan' Donald Trump
Perbesar
Donald Trump menyerukan boikot Apple karena Apple menolak membantu FBI terkait informasi pelaku penembakan. Tapi ia justru memakai iPhone.

Trump berpose memegang Alkitab di depan Gereja Episkopal St John, tepat di seberang Gedung Putih pada Juni 2020.

Sebelumnya, demonstran anti-rasisme yang damai telah dibersihkan dari Lafayette Square di dekatnya dengan semprotan merica dan granat sehingga presiden dan rombongannya dapat berjalan ke gereja.

Tindakannya otomatis memicu keterkejutan dan kemarahan dari banyak pemimpin agama, yang menuduhnya menggunakan agama untuk tujuan politik.

10 dari 13 halaman

9. Debat Capres Lawan Joe Biden Tanpa Masker Picu Kritik

Donald Trump beserta keluarganya
Perbesar
Donald Trump beserta keluarganya (AP)

Pada 29 September 2020, keluarga Trump menyaksikan Donald Trump debat capres pertama dengan Joe Biden pada di Cleveland, Ohio.

Mereka melanggar aturan debat bahwa semua penonton memakai masker. Hal ini memicu kritik yang sama yang sering ditujukan pada ayah mereka karena bersikap angkuh terhadap virus COVID-19.

Beberapa hari setelah debat, Donald Trump dinyatakan positif COVID-19.

Dia menghabiskan tiga malam di rumah sakit menerima perawatan sebelum kembali ke Gedung Putih dan menyatakan dia merasa "sangat baik" dan mendesak orang lain untuk tidak takut dengan virus Covid-19.

11 dari 13 halaman

10. Pendukung Donald Trump di Pintu Masuk Barat Capitol Hill

FOTO: Massa Pendukung Donald Trump Serbu Capitol Hill, 1 Orang Tewas
Perbesar
Massa pendukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkumpul di luar Capitol Hill, Washington, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021). Sejumlah anggota parlemen dan massa pendukung Donald Trump menyerbu Capitol Hill untuk membatalkan pemilihan presiden Amerika Serikat. (AP Photo/Shafkat Anowar)

Kerumunan pendukung Trump merangsek ke Gedung Capitol Hill di DC awal bulan ini, menyusul unjuk rasa yang disebutkan mendapat provokator dari sang presiden AS.

Kericuhan terjadi setelah pidato 70 menit presiden AS, di mana dia mendesak para pendukungnya untuk berbaris di Kongres ketika para politikus bertemu untuk mengesahkan kemenangan Demokrat Joe Biden.

Massa tersebut menggeledah gedung Capitol dan berusaha memasuki ruangan tempat anggota parlemen bersembunyi.

Lima orang, termasuk seorang polisi, tewas.

Buntut aksi tersebut, Donald Trump dimakzulkan untuk kedua kalinya. Ia menjadi presiden pertama yang dimakzulkan dua kali. Tapi dia menyangkal tuduhan bahwa dia menghasut massa untuk menyerang Capitol Hill.

 

Reporter: Veronica Gita

12 dari 13 halaman

Infografis Pemakzulan Jilid II untuk Donald Trump

Infografis Pemakzulan Jilid II untuk Donald Trump. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Pemakzulan Jilid II untuk Donald Trump. (Liputan6.com/Trieyasni)
13 dari 13 halaman

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓