Argentina Barat Gempa Magnitudo 6,4, Jalan Rusak Tapi Tak Berpotensi Tsunami

Oleh Tanti Yulianingsih pada 20 Jan 2021, 10:30 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 10:59 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Perbesar
Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Liputan6.com, San Juan - Gempa bermagnitudo 6,4 melanda Provinsi San Juan di barat-tengah Argentina pada Senin 18 Januari 2021 malam waktu setempat. Demikian menurut laporan awal dari USGS atau Badan Survei Geologi Amerika Serikat.

Laporan CNN yang dikutip Rabu (20/1/2021) menyebut, serangkaian gempa bumi susulan terjadi di seluruh negeri. Lindu susulan dengan magnitudo 5,0 melanda 27 kilometer (sekitar 16,8 mil) di selatan-barat daya Nueve de Julio, sekitar 1.000 km (620 mil) timur gempa pertama dan hampir 20 menit kemudian.

Kemudian, gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang daerah yang sama dengan gempa pertama, diikuti gempa susulan magnitudo 5,3.

Gempa bumi berkekuatan 4,9, 5,0 dan 5,3 dianggap sebagai gempa susulan karena kekuatannya lebih kecil dari lindu utama dan di area yang sama.

"Sejauh ini belum ada laporan korban cedera," menurut Gubernur San Juan Sergio Uñac.

Berdasarkan informasi Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC), tidak ada ancaman tsunami di lokasi gempa Argentina Barat itu saat ini.

Analisis Kerusakan Dampak Gempa Bumi

Gempa Bumi
Perbesar
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Berbicara pada konferensi pers Selasa 19 Januari pagi, Gubenur Uñac mengatakan otoritas lokal masih menganalisis kerusakan, yang berdampak pada jalan dan jalan raya di provinsi San Juan. Beberapa lokasi mengalami pemadaman listrik, dan sejumlah rumah mengalami kerusakan di Kota Caucete.

Empat orang harus dievakuasi dari rumah mereka di Kota Zonda, di San Juan.

Gubernur menambahkan, layanan kelistrikan kini secara bertahap berfungsi kembali. Tidak ada bangunan umum yang rusak; beberapa rumah sakit melaporkan pecahan kaca, tetapi tidak mengalami kerusakan struktural yang besar.

Uñac mengimbau masyarakat untuk tetap tenang setelah gempa melanda.

"Mari kita praktikkan semua tindakan yang telah kita pelajari untuk mencegah insiden, sementara kita berkomitmen untuk mengetahui dampak (gempa) untuk berkolaborasi dalam segala hal yang diperlukan," cuit Uñac di Twitter.

Dia menambahkan bahwa provinsi itu bekerja dengan pasukan sipil dan keamanan, serta dengan pemerintah kota untuk menanggapi "rawat mereka."

Dalam pernyataan awalnya, PTWC mencatat kedalaman gempa sekitar 20 kilometer (12,43 miles).

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari COVID-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓