Sukses

China Buka Kerja Sama Internasional untuk Penelitian Sampel Bulan

China mengumumkan regulasi terkait pengelolaan sampel Bulan yang dibawa ke Bumi oleh wahana antariksa Chang'e-5.

Liputan6.com, Jakarta China mengumumkan regulasi terkait pengelolaan sampel Bulan yang dibawa ke Bumi oleh wahana antariksa Chang'e-5. China mendorong kerja sama internasional dalam mempelajari sampel tersebut.

Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) merilis regulasi tersebut yang mencakup prinsip-prinsip umum untuk menjaga, mengelola, menggunakan, meminjam, dan mengembalikan sampel Bulan.

CNSA juga merilis informasi dan pengelolaan hasil penelitian sampel Bulan itu, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (19/1/2021).

Menurut regulasi tersebut, sampel Bulan secara umum akan digunakan untuk empat tujuan, yakni penyimpanan permanen, cadangan penyimpanan permanen, penelitian, dan kesejahteraan masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.731 Gram Sampel Bulan

Wahana antariksa Chang'e-5, yang terdiri dari pengorbit (orbiter), pendarat (lander), pendaki (ascender), dan pembawa pulang (returner), diluncurkan pada 24 November 2020 lalu.

Kapsul pembawa pulang (return capsule) mendarat di Daerah Otonom Mongolia Dalam pada 17 Desember, dengan membawa sekitar 1.731 gram sampel Bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.