Sukses

Joe Biden Segera Menjabat, Korea Selatan Minta KTT Trump dan Kim Jong-un Dilanjutkan

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in meminta presiden terpilih AS Joe Biden untuk segera melanjutkan KTT Trump dan Kim Jong-un.

Liputan6.com, Seoul - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan Presiden terpilih AS Joe Biden harus mengadakan pembicaraan dengan Korea Utara untuk membangun kemajuan yang telah dibuat oleh Presiden Donald Trump dengan pemimpin Kim Jong-un.

Biden mulai menjabat pada Rabu 20 Januari di tengah kebuntuan berkepanjangan dalam negosiasi yang bertujuan membongkar program nuklir dan rudal Korea Utara dengan imbalan bantuan sanksi AS.

Melansir Channel News Asia, Senin (18/1/2021), Moon, yang telah menawarkan untuk menjadi mediator antara Pyongyang dan Washington, mengatakan akan mencari kesempatan awal untuk mempromosikan Korea Utara sebagai prioritas kebijakan luar negeri Biden.

Sehingga, Moon akan menindaklanjuti kesepakatan yang dicapai Trump dan Kim pada pertemuan puncak pertama mereka di Singapura. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diskusi Terkait Semenanjung Korea

Kedua pemimpin itu berjanji untuk membangun hubungan baru dan bekerja menuju denuklirisasi lengkap semenanjung Korea dalam pernyataan bersama itu, tetapi KTT kedua mereka dan pembicaraan tingkat kerja berikutnya gagal.

"Pelantikan pemerintahan Biden akan memberikan titik balik untuk memulai dialog AS-Korea Utara yang baru, dialog Selatan-Utara, untuk mewarisi pencapaian yang telah dibuat di bawah pemerintahan Trump," kata Moon pada konferensi pers Tahun Baru.

"Dialog dapat meningkatkan kecepatan jika kita memulai kembali dari deklarasi Singapura dan mencari langkah konkret dalam negosiasi."

Kim berjanji untuk meningkatkan kemampuan nuklir pada kongres langka Partai Buruh yang berkuasa pekan lalu, dan janji itu menyoroti perlunya membuka kembali negosiasi untuk kesepakatan damai, kata Moon.

3 dari 3 halaman

Panel Militer Korea Utara dan Selatan

Moon mengatakan masalah latihan militer bersama Korea Selatan-AS, yang telah lama dikutuk Pyongyang sebagai latihan perang, dapat didiskusikan dengan menghidupkan kembali panel militer antar-Korea.

Moon juga menyerukan solusi diplomatik dengan Jepang untuk mencegah rencana penjualan aset perusahaan Jepang untuk memberi kompensasi kepada korban kerja paksa, dengan mengatakan itu akan "tidak diinginkan" untuk hubungan bilateral.

Kedua negara berselisih tentang warisan dari pemerintahan kolonial Jepang tahun 1910 hingga 1945, dan beberapa mantan buruh telah mendapatkan perintah pengadilan untuk menyita properti domestik perusahaan Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.