Sukses

Terpidana Pembunuhan, Produser The Beatles Phil Spector Meninggal di Penjara

Produser The Beatles, Phil Spector meninggal di penjara dalam usianya yang ke-81 di saat menjalani hukuman pembunuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Produser musik AS Phil Spector telah meninggal pada usia 81 tahun, saat menjalani hukuman penjara karena pembunuhan.

Spector, yang mengubah aliran musik pop dengan rekaman "wall of sound" miliknya, telah bekerja dengan The Beatles, the Righteous Brothers dan Ike dan Tina Turner.

Mengutip BBC, Senin (18/1/2021), pada 2009, ia dihukum atas pembunuhan aktris Hollywood Lana Clarkson pada 2003.

Kematiannya dikonfirmasi oleh Departemen Koreksi dan Rehabilitasi California.

"Narapidana Fasilitas Perawatan Kesehatan California, Phillip Spector, dinyatakan meninggal karena sebab alami pada pukul 18:35 pada Sabtu, 16 Januari 2021, di rumah sakit luar. Penyebab kematian resminya akan ditentukan oleh pemeriksa medis di Kantor Sheriff's San Joaquin County," katanya.

Setelah terbilang sukses mengorbitkan artis-artis ternama, hidupnya akhirnya dirusak oleh kecanduan narkoba dan alkohol, dan ia pun pensiun dari dunia musik selama 1980-an dan 1990-an.

Pada Februari 2003, aktris Lana Clarkson ditemukan tewas di rumahnya di Alhambra, California dengan luka tembak di kepalanya. 

Clarkson, yang dikenal atas karirnya di film termasuk Barbarian Queen, telah bertemu Spector beberapa jam sebelumnya di sebuah klub malam.

Spector mengklaim penembakan itu terjadi ketika Clarkson "mencium pistol" - tetapi persidangannya mendapat bukti dari empat wanita yang mengklaim bahwa Spector telah mengancam mereka dengan senjata di masa lalu, ketika mereka menolak rayuannya.

Setelah pembatalan pengadilan awal, Spector dihukum karena pembunuhan tingkat dua dan dijatuhi hukuman 19 tahun seumur hidup.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karir di Dunia Musik

Spector menghasilkan 20 lagu di deretan 40 tangga lagu teratas antara 1961 dan 1965. Metode produksinya memengaruhi artis-artis besar termasuk Beach Boys dan Bruce Springsteen.

Harvey Phillip Spector lahir di New York pada tahun 1939, dari orang tua keturunan Rusia-Yahudi. 

Ayahnya bunuh diri ketika Spector masih kecil, dan ibunya memindahkan keluarganya ke Los Angeles.

Dia memulai karirnya di masa remajanya sebagai pemusik, membentuk sebuah band - Teddy Bears - dengan tiga teman sekolah menengahnya. 

Mereka memiliki single hit pada tahun 1958 dengan lagu yang mengambil judul dari kata-kata di nisan ayahnya: "Mengenalnya berarti mencintainya."

Rekor tersebut menjadi nomor satu di Billboard Hot 100, tetapi grup tersebut bubar pada tahun berikutnya.

Spector mendirikan label rekamannya sendiri, Philles, pada tahun 1961.

Dia menghasilkan grup wanita terkenal tahun 1960-an seperti Crystals and the Ronettes, termasuk pada hit tahun 1963 Be My Baby dan Baby I Love You. Dia juga mengerjakan hits milik The Righteous Brothers 'You're Lost That Lovin' Feelin 'dan Unchained Melody.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.