Sukses

4 Tips Diet Buah-Sayur bagi Anda yang Tak Konsumsi Produk Hewani

Inilah yang perlu Anda ketahui sebelum memulai diet nabati atau makanan yang berbasis tumbuh-tumbuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memulai diet nabati atau makanan yang berbasis sayur dan buah, penting untuk menimbun barang-barang penting seperti kacang, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran dalam stok makanan Anda.

Jika Anda baru memulai, mungkin bermanfaat untuk memulai dari yang kecil - cobalah melakukan sarapan nabati atau mengadopsi satu hari tanpa daging, misalnya.

Ini juga kunci untuk mengingat motivasi Anda untuk memulai diet nabati seutuhnya, apakah itu untuk meningkatkan kesehatan Anda, mengurangi jejak karbon Anda, atau mempraktikkan kehidupan etis.

Diet nabati bisa lebih baik untuk kesehatan Anda dan untuk planet ini. Inilah yang perlu Anda ketahui sebelum memulai diet nabati, seperti dikutip dari Insider, Minggu (17/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pikirkan Motivasi Anda

Ada beberapa faktor yang memotivasi untuk diet nabati: kesehatan, lingkungan, atau etika.

"Ketika hal-hal terasa sulit, Anda dapat fokus pada 'mengapa' Anda untuk diet nabati. Apakah untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda? Mengurangi dampak lingkungan Anda? Mengurangi jumlah hewan yang digunakan untuk makanan?" kata ahli gizi bersertifikat asal AS, Angela Wortley.

"Membuat pilihan berdasarkan nilai-nilai pribadi Anda daripada tren cenderung lebih berkelanjutan."

Sebuah tinjauan medis tahun 2013 menemukan vegan dan vegetarian memiliki tingkat obesitas yang lebih rendah, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Ini juga menemukan mereka yang melakukan diet vegetarian mengkonsumsi nutrisi yang lebih penting seperti magnesium, kalium, zat besi, dan folat dibandingkan dengan rekan-rekan makan daging mereka.

"Berdasarkan studi manusia jangka panjang, sangat besar, ada manfaat kesehatan yang jelas untuk diet vegetarian dan vegan," kata Ginger Hultin, ahli gizi diet terdaftar, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, dan pemilik ChampagneNutrition.

Orang makan diet nabati karena alasan lingkungan dan etika juga. Memproduksi daging menciptakan emisi gas rumah kaca yang signifikan. Dan kesadaran tentang hak-hak hewan dan masalah etika seputar pertanian pabrik telah tumbuh, kata Hultin.

 

3 dari 6 halaman

2. Nutrisi Seimbang

Diet nabati bukan berarti Anda mengabaikan nutrisi penting berupa protein dan lain sebagainya.

Perhatikan asupan penting yang dibutuhkan untuk diet nabati berkelanjutan dan bernutrisi. Asupan gizi tersebut berupa kandungan protein, kalsium, vitamin, omega-3, zat besi dan mineral, kata Ginger Hultin, juru bicara Academy of Nutrition and Dietics Amerika Serikat.

4 dari 6 halaman

3. Dukungan Orang Terdekat

Hultin merekomendasikan untuk berbicara dengan teman dan anggota keluarga dan mengatakan sesuatu seperti, "Ini penting bagi saya. Apakah Anda juga menemani saya untuk memulai diet nabati?"

Selain itu, Anda mungkin ingin bantuan profesional. "Saya merekomendasikan bahwa siapa pun yang ingin mengubah diet mereka berkonsultasi dengan ahli gizi diet terdaftar yang berspesialisasi dalam nutrisi nabati," kata Wortley.

Ahli gizi ahli gizi dapat membantu Anda mencari tahu apakah Anda harus mengambil suplemen dan makanan apa yang dapat Anda masukkan lebih banyak untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup protein, misalnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Perhatikan Stok Makanan di Dapur Anda

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan menu wajib yang harus ada di dapur seorang penekun diet nabati.

Rempah-rempah juga penting, untuk menambah cita rasa olahan makanan Anda.

Juga, jangan mengabaikan makanan ringan: memiliki beberapa pilihan makanan ringan yang sehat dan berbasis tanaman yang tersedia, sehingga Anda cenderung tidak menjangkau junk food.

Victoria Yunez Behm, ahli gizi diet berlisensi dan manajer ilmu gizi untuk American Nutrition Association, mengatakan dia menganjurkan untuk diet berdasarkan makanan utuh yang menjauh dari makanan yang sangat diproses dengan nilai gizi minimal.

6 dari 6 halaman

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.