Sukses

H+1 Presiden AS, Joe Biden Akan Ubah Kebijakan Kontroversial Donald Trump

Pada hari pertamanya menjabat sebagai Presiden AS, Joe Biden akan melakukan sekitar puluhan tindakan eksekutif.

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden akan memulai kegiatannya pada hari pelantikan dengan mendorong perubahan kebijakan Presiden Donald Trump. 

Diketahui bahwa Biden, yang memenangkan pilpres AS 2020 dengan serangkaian kampanyenya, terkait janji tindakan untuk membalikkan kebijakan kontroversi dari Trump, seperti soal imigrasi, perubahan iklim, perumahan, pinjaman mahasiswa, dan lainnya. 

Dilansir US News yang mengutip Reuters, Minggu (17/1/2021) Kepala staf Biden yang baru menjabat, Ron Klain mengatakan dalam sebuah memo yang dibagikan kepada wartawan bahwa ada "sekitar puluhan" tindakan eksekutif yang akan dilakukan Presiden AS ke-46 tersebut.

Tindakan yang akan diambil pada hari pelantikan, yang dijadwalkan pada 20 Januari mendatang itu, termasuk bergabung kembali dengan kesepakatan iklim Paris, membalikkan larangan perjalanan di beberapa negara mayoritas Muslim. 

Adapun langkah memperpanjang jeda pembayaran pinjaman siswa federal, menangguhkan pengusiran dan penyitaan, serta mewajibkan penggunaan masker dalam perjalanan antar negara dan wilayah federal.

Semua tindakan itu telah diumumkan sebelumnya.

Sementara itu, sebagian besar tindakan tersebut adalah membalikkan berbagai kebijakan Trump dan tidak memerlukan tindakan kongres.

Selain itu, Biden juga akan mengungkap proposal imigrasi yang telah lama diharapkan, yang akan memberikan jalan kepada jutaan imigran tidak berdokumen yang membutuhkan tindakan kongres.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dana Besar untuk Program Vaksinasi COVID-19

Biden juga akan mengeluarkan dana US$ 1,9 triliun (Rp 26,8 kuadriliun) untuk program vaksinasi COVID-19 dan stimulus ekonomi. 

Klain menyatakan, bahwa serangkaian janji "Hari Pertama" Biden yang lebih luas akan dilaksanakan selama 9 hari berikutnya setelah pelantikan

Langkah-langkah itu pun termasuk memperluas pengujian COVID-19 dan mengarahkan pemerintah untuk mendukung produk-produk buatan AS ketika melakukan pembelian.

"Presiden terpilih Biden mengambil alih kursi kepresidenan pada saat krisis besar bagi bangsa kita," terang Klain.

"Selama kampanye, Presiden terpilih Biden berjanji untuk mengambil tindakan segera untuk mulai mengatasi krisis ini dan membangun kembali dengan lebih baik," jelasnya. 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.