Sukses

Gempa Magnitudo 6,2 di Majene Sulawesi Barat Jadi Sorotan Dunia

Tak hanya diberitakan oleh media dalam negeri, situs berita mancanegara juga memberitakan hal gempa magnitudo 6,2 di Majene, Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Majene - Gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Gempa terjadi pada Jumat (15/1/2021) pukul 02.28 Wita. Gempa itu berpusat di 2,98 LS, 118,94 BT atau 6 kilometer Timur Laut Majene.

Getaran gempa juga turut dirasakan di pusat ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, yakni Kabupaten Mamuju yang hanya berjarak 34 kilometer dari pusat gempa.

Tak hanya diberitakan oleh media dalam negeri, situs berita mancanegara juga memberitakan hal tersebut.

Media BBC dalam artikel berjudul "Several dead and hundreds injured in Indonesia" menulis bahwa gempa di pulau Sulawesi itu menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai ratusan lainnya.

"Lebih dari selusin pasien dan staf dilaporkan terjebak di reruntuhan rumah sakit yang rusak akibat gempa."

"Gempa Magnitudo 6,2 pada Jumat pagi terjadi hanya beberapa jam setelah gempa sebelumnya yang lebih kecil."

BBC turut menyorot kondisi geografis Indonesia dalam artikelnya disebutkan; Indonesia memiliki sejarah gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan dengan lebih dari 2.000 orang tewas di Sulawesi pada 2018.

Tak ketinggalan, media South China Morning Post (SCMP) turut menyoroti gempa yang berpusat di 36 km selatan kabupaten Mamuju di provinsi Sulawesi Barat pada kedalaman 18 km tersebut.

"Pejabat Badan Meteorologi dan Geofisika memperingatkan potensi tsunami jika gempa lebih kuat melanda Sulawesi. Informasi awal dari pihak berwenang menunjukkan bahwa empat orang tewas dan sekitar 637 orang terluka di provinsi Majene, Sulawesi Barat sementara ada tiga korban jiwa lagi dan dua lusin lainnya luka-luka di provinsi tetangga," tulis SCMP dalam artikel bertajuk Indonesia earthquake: 10,000 people flee, buildings flattened in Sulawesi island.

"Rumah sakit itu rata (roboh). Ada pasien dan pegawai rumah sakit yang terperangkap di bawah reruntuhan dan kami sekarang berusaha menjangkau mereka," tulis SCMP.

"Indonesia, negara kepulauan yang luas dengan 260 juta penduduk, sering dilanda gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami karena lokasinya di yang dikelilingi oleh Ring of Fire," lanjut SCMP.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Menyelamatkan Diri

Masih dari kantor berita di Asia, Channel News Asia (CNA) dalam artikel "Strong quake in Indonesia's Sulawesi kills at least 7, injures hundreds" menjelaskan bahwa terdapat sejumlah video yang beredar di sosial media.

"Video di media sosial menunjukkan warga melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi dengan sepeda motor, dan seorang anak yang terperangkap di bawah puing-puing ketika orang-orang mencoba membuang puing dengan tangan kosong."

"Beberapa bangunan rusak parah, termasuk dua hotel, kantor gubernur dan mal, lapor jurnalis lokal."

Media Turki, Anadolu Agency memaparkan bahwa otoritas lokal terus mengumpulkan data dan melakukan tindakan cepat di lapangan pasca-gempa.

"Gempa yang kuat juga menyebabkan listrik dan layanan telepon mati serta tanah longsor di sepanjang jalan," tulis Anadolu Agency dengan artikel berjudul "Earthquake rattles Indonesia’s West Sulawesi province, killing 4"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.