Sukses

Lady Gaga Hingga Jennifer Lopez, Sederet Artis Bakal Tampil di Pelantikan Joe Biden

Deretan artis ikut meramaikan proses inagurasi Joe Biden dan Kamala Harris sebagai presiden dan wakil presiden AS.

Liputan6.com, Washington D.C - Lady Gaga dan Jennifer Lopez akan tampil pada upacara pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS.

Selama ini, Lady Gaga telah berkampanye untuk Biden selama pemilihan, dan muncul bersamanya pada malam pemilihan presiden November lalu.

Melansir BBC, Jumat (15/1/2021), dia akan menyanyikan lagu kebangsaan pada upacara proses pelantikan pada 20 Januari. 

Selain Lady Gaga, Jennifer Lopez yang juga mendukung Biden tahun lalu, akan memberikan pertunjukan musik terpisah.

Lady Gaga juga muncul bersama Biden pada 2016 selama kampanye It's on Us-nya untuk memerangi kekerasan seksual di kampus, sementara Lopez ikut serta dalam obrolan virtual dengannya pada Oktober.

Setelah upacara, Tom Hanks akan membawakan acara spesial bertabur bintang di televisi.

Bertajuk "Celebrating America", program prime-time 90 menit ini juga akan menampilkan musisi AS Jon Bon Jovi, Demi Lovato, Justin Timberlake dan Ant Clemons, dan akan disiarkan langsung oleh ABC, CBS, CNN, NBC, dan MSNBC.

Komite upacara inagurasi Biden mengatakan akan "merayakan awal dari perjalanan nasional baru menuju Amerika bersatu" dan "menunjukkan ketahanan, kepahlawanan, dan komitmen terpadu untuk bersatu sebagai bangsa untuk menyembuhkan dan membangun kembali".

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Artis Tampil di Proses Pelantikan

Ketika Donald Trump dilantik empat tahun lalu, mantan kontestan American Idol berusia 16 tahun Jackie Evancho menyanyikan lagu kebangsaan, sementara bintang country Toby Keith dan Lee Greenwood, dan band rock 3 Doors Down termasuk di antara yang tampil di konser khusus tersebut pada malam sebelumnya.

Selain itu, Barack Obama meminta Beyoncé untuk menyanyikan lagu kebangsaan ketika dia melihat di masa jabatan keduanya pada tahun 2013 dan James Taylor juga tampil.

Empat tahun sebelumnya, Star-Spangled Banner dibawakan oleh The United States Navy Band Sea Chanters, sementara Aretha Franklin menyanyikan My Country, 'Tis of Thee'.

Sebelumnya, George W Bush meminta personel militer untuk menyanyikan lagu kebangsaan AS pada dua upacara pelantikannya, sementara Bill Clinton meminta Santita Jackson, putri Menteri Jesse Jackson, dan penyanyi opera Marilyn Horne.

Lebih jauh ke belakang, penyanyi amatir Juanita Booker bernyanyi untuk pelantikan pertama Ronald Reagan pada tahun 1981, dan Cantor Isaac Goodfriend yang selamat dari Holocaust ditemani oleh Band Marinir AS untuk Jimmy Carter empat tahun sebelumnya.

Pada tahun 1973, Richard Nixon memesan penyanyi jazz Ethel Ennis untuk pelantikan keduanya.

Pada tahun 1961, opera hebat Marian Anderson membawakan lagu kebangsaan untuk John F Kennedy - seperti yang dia lakukan untuk pendahulunya Dwight D Eisenhower empat tahun sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.