Sukses

5 Benda di Rumah Ini Sangat Berfungsi Tapi Bisa Jadi Sumber Penyakit

Kita kerap menggunakan berbagai benda yang akhirnya mencemari rumah alih-alih membantu.

Liputan6.com, Jakarta - Secara umum, setiap orang berusaha membuat tampilan unik di dalam rumah. Bahkan, banyak hal yang sengaja dibeli demi mempercantik tempat tinggal.

Namun, dalam upaya untuk menyelesaikan tugas ini, kita kerap menggunakan berbagai benda yang akhirnya mencemari rumah alih-alih membantu.

Berikut adalah penelitian online tentang benda paling umum yang kita miliki di rumah yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan dan bisa bawa penyakit.

Seperti dikutip dari laman Brightside, Kamis (14/1/2021), berikut 5 benda yang ada di rumah namun bisa mencemarkan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Perapian dan tungku

Perapian dan tungku dapat mencemari udara di dalam rumah Anda, yang pada akhirnya dapat memengaruhi sistem pernapasan.

Menurut ahli imunologi Sheila Cain, asap yang dihasilkan oleh tempat ini mengandung partikel yang dapat masuk ke mata dan paru-paru Anda, yang selanjutnya dapat menyebabkan alergi, iritasi, batuk, dan bahkan bronkitis.

 

3 dari 6 halaman

2. Kasur

Meskipun mereka adalah teman terbaik dalam hal istirahat, kasur juga merupakan perantara sempurna untuk membiarkan polusi masuk ke rumah tanpa disadari.

Selama produksinya, elemen tahan api ditambahkan ke kasur untuk mencegahnya mudah terbakar; Artinya, kandungan kimianya sangat tinggi, tetapi tidak berbau, sehingga hampir tidak ada yang tahu bahwa mereka menghirup bau jenis ini selama beberapa jam sehari.

Untuk mengatasi efek ini, disarankan untuk menganginkan tempat tidur Anda setiap hari setelah Anda bangun.

4 dari 6 halaman

3. Produk perawatan pribadi

Semua krim tubuh, pasta gigi, sampo, deodoran, gel, dan produk pembersih lainnya yang biasa kita lihat dan gunakan setiap hari dibuat dengan sejumlah besar bahan kimia dan pengawet yang pada akhirnya dapat memengaruhi rumah dan tubuh kita.

Hal ideal yang harus dilakukan adalah mengganti produk industri ini dengan produk lain yang lebih alami dan tidak mengandung bahan pengawet kimia.

5 dari 6 halaman

4. Karpet dan permadani

Elemen dekoratif ini sangat populer karena dapat mengubah ruangan mana pun menjadi tempat yang elegan dan nyaman untuk menghabiskan waktu, tetapi juga bisa sangat berbahaya jika kebersihan tidak ditanggapi dengan serius.

Karpet tertentu dapat melepaskan gas beracun yang berbahaya bagi manusia dalam jangka panjang.

Selain itu, beberapa kuman dan kontaminan yang paling umum ditemukan di karpet adalah: tungau debu, alergen kecoa, jamur, debu, dan banyak lagi.

6 dari 6 halaman

5. Sikat gigi

Meskipun sikat gigi merupakan elemen penting dari kebersihan sehari-hari, sikat gigi juga merupakan tempat di mana kuman dan bakteri dapat dengan mudah menumpuk.

Ini adalah tempat yang tepat bagi mereka untuk tumbuh: selalu lembap, selalu ada di kamar mandi, dan tidak semua orang sering mengganti sikat gigi.

Terlepas dari apa yang mungkin Anda pikirkan, tidak disarankan untuk menyimpan sikat gigi Anda dalam wadah tertutup.

Sebaliknya, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menjaganya dalam posisi tegak dan di tempat yang berventilasi, agar selalu kering pada saat Anda menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini