Sukses

Ayo Ikut Lomba Terjemahan Sastra Korea Berhadiah Ponsel Pintar, Ini Syaratnya

Yuk, tunjukan kemampuan bahasa Korea Anda dengan mengikuti kompetisi ini. Berhadiah!

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena Hallyu di Indonesia memang sudah tidak bisa dipertanyakan lagi. Masyarakat sudah seperti kecanduan dengan K-Pop, K-Drama, ataupun K-Culture.

Karena permintaan konten bertema Korea selain K-Pop semakin meningkat, Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) menggelar kompetisi "Konten Penerjemahan Karya Sastra Korea". Hal itu sebagai upaya mempromosikan Kesusastraan Korea.

"Kompetisi bertujuan untuk mempromosikan konten terkait Kesusastraan Korea serta menemukan ahlibahasa/penerjemah karya Sastra Korea ini, diselenggarakan guna menjadi landasan untuk mempopulerkan Sastra Korea di masa mendatang," jelas pihak KCCI dalam keterangan tertulisnya yang dimuat Rabu (13/1/2021).

Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang sehari-harinya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu, dapat berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi Indonesia dari jurusan Studi Korea seperti Bahasa Korea, Sastra Korea, dan Pendidikan Bahasa Korea, juga dapat ikut serta dalam kompetisi tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Dua Kategori dalam Kompetisi Ini

Karya yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dibagi menjadi dua kategori.

Untuk kategori jurusan Studi Korea, peserta diminta untuk menerjemahkan sebuah cerita pendek (cerpen) karya Hyun-Jin Geon yang berjudul “A Lucky Day” (1924).

Untuk kategori umum, peserta diminta untuk menerjemahkan cerpen karya Kim Yoo-Jeong yang berjudul "Spring" (1935). Untuk kategori umum, tidak ada batas usia dan latar belakang akademis Studi Korea.

Bagi yang ingin daftar dalam kompetisi ini, waktu pendaftaran dan pengiriman hasil terjemahan dimulai dari tanggal 7 Januari - 14 Februari 2021.

Penilaian karya akan diselenggarakan pada 15-22 Februari dan pengumuman pemenang pada 24 Februari. Jika Anda menang, akan anda acara penghargaan pada 27 Februari. 

3 dari 4 halaman

Apa Hadiahnya Jika Anda Menang?

Jika terjemahan Anda lolos dalam tahap penilaian, Anda akan lolos ke penjurian tahap kedua yaitu wawancara daring.

Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan hadiah-hadiah unik. 

Juara 1 akan mendapatkan smartphone Samsung Galaxy Tab S6, Juara 2 akan mendapatkan Samsung Galaxy Tab A, Juara 3 akan mendapatkan voucher Gramedia, dan Juara Harapan akan mendapatkan voucher Gramedia dan buku novel Korea.

Seluruh pemenang dari kategori yang ada akan mendapatkan hadiah yang sama sekaligus kesempatan untuk diseleksi dalam program penerjemahan KCCI. 

KCCI berencana untuk mengadakan program-program menarik lainnya untuk mempromosikan Kesusastraan Korea dengan cara menunjukan keberagaman dan keuniversalan Hallyu melalui Sastra Korea. 

Upaya ini juga dilakukan sebagai upaya KCCI mendukung bidang percetakan terkait budaya Korea di masa mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi "Konten Penerjemahan Karya Sastra Korea" silahkan kunjungi situs web KCCI (https://id.korean-culture.org/id)

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksin Sinovac Boleh Digunakan dan Halal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.