Sukses

Jelang Pelantikan Joe Biden, Kim Jong-un Siap Kerja Sama dengan AS?

Kim Jong-un dikabarkan siap bekerja sama dengan presiden terpilih AS yang baru, Joe Biden.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un merayakan ulang tahunnya dengan daftar panjang atas keinginan senjata baru. Daftar tersebut termasuk rudal jarak jauh yang lebih akurat, hulu ledak super besar, satelit mata-mata, dan kapal selam bertenaga nuklir.

Mengutip BBC, Selasa (12/1/2021), rencana militer yang diumumkan dalam salah satu peristiwa politik terbesar di Korea Utara dalam lima tahun terakhir mungkin terdengar mengancam--dan ini sebenarnya memang ancaman. Tapi hal tersebut juga menjadi tantangan. 

Hal ini lantaran pengumuman tersebut dibagikan saat presiden terpilih AS Joe Biden bersiap untuk menjabat.

Kim, yang sekarang juga dipromosikan menjadi Sekretaris Jenderal (pangkat tertinggi dari Partai Pekerja yang berkuasa), sedang berjuang untuk didengar di luar negaranya sendiri di tengah keributan yang saat ini terjadi di AS.

Akan tetapi, jika pemerintahan AS yang baru memiliki harapan untuk mencegah ambisi nuklir Kim, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendengarkan.

"Pengumuman Kim tidak diragukan lagi dimaksudkan untuk menekankan kepada pemerintahan AS yang akan datang bahwa kegagalan untuk mengambil tindakan cepat akan mengakibatkan Korea Utara secara kualitatif meningkatkan kemampuannya dengan cara yang merusak kepentingan AS dan Korea Selatan," kata Ankit Panda, penulis buku Kim Jong-un dan Bomb, menambahkan bahwa pemerintahan Joe Biden harus menanggapi ini dengan serius.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan Korea Utara-AS

Kim dan Donald Trump telah melakukan pertemuan sebanyak tiga kali, tetapi mereka gagal mencapai kesepakatan apa pun untuk mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara atau sanksi ekonomi yang melumpuhkan yang saat ini diberlakukan terhadap Pyongyang oleh AS dan PBB.

Pertanyaan yang ditanyakan di semenanjung Korea adalah apakah Joe Biden dapat melakukan yang lebih baik, dan apakah dia harus menanggapi ancaman Kim dengan serius.

"Saya pikir presiden terpilih harus menerima itu secara langsung dan secepat mungkin, mengklarifikasi perspektifnya tentang tujuan apa yang akan dicari pemerintahannya dalam negosiasi potensial dengan Korea Utara," kata Panda.

"Jika Kim melihat tidak ada pergeseran dari penekanan tradisional AS pada pelucutan senjata nuklir yang komprehensif dan total sebelum sanksi apa pun dapat dikurangi, saya pikir dia akan terus maju dengan pengujian dan kegiatan lainnya," tambahnya.

Dalam pidatonya kepada ribuan delegasi di Kongres Partai Buruh, Kim menggambarkan AS sebagai "musuh terbesar" negaranya. Namun, dia juga menambahkan bahwa dia tidak "mengesampingkan diplomasi".

KTT itu mungkin telah gagal, tetapi mereka diagungkan dengan warna-warni di aula utama Kongres partai sebagai "peristiwa yang paling penting dalam sejarah politik dunia".

Jadi ada ruang gerak jika Joe Biden ingin menggunakannya.

3 dari 3 halaman

Langkah AS

Tetapi Duyeon Kim, Adjunct Senior Fellow di Center for a New American Security, mengatakan AS harus mengambil langkah pertama dan kesepakatan apa pun akan dibayar mahal.

"Harga Kim Jong-un untuk AS adalah mengakhiri latihan militer gabungan dengan Seoul, menghapus sanksi, dan menahan diri dari membuat kritik hak asasi manusia sebelum pembicaraan. Washington tidak akan melakukan ini tanpa syarat," kata Duyeon Kim.

"Bahkan jika negosiasi dilanjutkan, harga Kim tinggi untuk kesepakatan apa pun karena dia menyarankan pembicaraan pengendalian senjata gaya Perang Dingin di mana kedua belah pihak mengambil langkah timbal balik dan timbal balik. Tapi itu tidak masuk akal karena tidak ada kesamaan antara AS dan Korea Utara persenjataan nuklir," jelasnya lagi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.