Sukses

12-1-1970: Penerbangan Komersial Perdana Pesawat Boeing 747

Pesawat Boeing 747 menorehkan sejarah dengan tercatat melakukan penerbangan perdananya.

Liputan6.com, New York - Sejarah hari ini ditorehkan oleh pesawat Boeing 747. Unit tipe tersebut tercatat melakukan penerbangan perdananya. Tepat pada 12 Januari 1970.

Mengutip Famous Daily, tahun 1960-an adalah masa keemasan perjalanan udara. Terbang kala itu hanya dapat diakses oleh kelas menengah, tapi sejak itu menjadi populer. 

Pada saat yang sama, muncul permintaan untuk jet kargo yang lebih besar. Unit yang mampu menangani kontainer atau peti kemas, tempat barang-barang disimpan dikirim.

Pembuat pesawat kemudian memperhatikan kedua tren tersebut. Lalu mulai mengerjakan desain untuk pesawat yang lebih besar dan lebih hemat bahan bakar untuk menggantikan Boeing 707.

Hasilnya adalah Boeing 747, pesawat ikonik dalam dunia penerbangan udara Amerika.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Komersial Perdana Boeing 747

Lalu pada 12 Januari 1970, Boeing 747 melakukan penerbangan komersial perdananya dari New York ke Bandara Heathrow London, mengantarkan era baru perjalanan udara dan pengiriman kargo di seluruh dunia.

Menurut pengakuan pihak Boeing, unit Boeing 747 seharusnya tidak bertahan selama ini. Meskipun awalnya dibangun untuk mengangkut penumpang, penggunaan jangka panjangnya dianggap sebagai transportasi kontainer atau peti kemas.

Pihak Boeing mengira dalam empat tahun pesawat mereka akan digantikan oleh model supersonik, dan dengan demikian tipe 747 mereka bisa mudah diubah dari unit penumpang menjadi kargo. Sampai hari ini, lambung 747 berukuran cukup lebar untuk memuat 2x2 tumpukan kontainer pengiriman ukuran standar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini