Sukses

Sinovac Hingga Pfizer, Ini Efek Samping dari Vaksin COVID-19 yang Siap Beredar

Ini penjelasan terkait efek samping dari masing-masing vaksin COVID-19, mulai dari Sinovac hingga Pfizer.

Liputan6.com, Jakarta - Vaksinasi terhadap suatu penyakit tentu memiliki efek samping tertentu terhadap tubuh manusia, termasuk vaksin COVID-19 yang tengah ditunggu oleh warga dunia saat ini. 

Reaksi tubuh jika divaksin menandakan kita membangun kekebalan terhadap bibit penyakitnya.

Namun, terkadang ada efek samping serius yang kasusnya individual.

Sebelum Anda menerima vaksin COVID-19 yang nampaknya belum lama lagi akan mulai dilakukan secara massal di Indonesia, coba kenali sejumlah efek samping yang mungkin akan terjadi dari vaksin COVID-19:

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Vaksin Moderna

Vaksin mRNA-1273 dari perusahaan Moderna AS, pada prinsipnya sangat mirip dengan vaksin BioNTech/Pfizer. Setelah dilakukan vaksinasi, muncul laporan efek samping berupa reaksi alergis.

Dan pada kasus sangat kecil, kelumpuhan sementara saraf wajah.

Efek samping diduga dipicu partikel lipid nano yang menjadi transporter unsur aktifnya, yang diuraikan oleh tubuh.

3 dari 6 halaman

2. Vaksin AstraZeneca - Universitas Oxford

Inggris memberikan izin darurat penggunaan vaksin AstraZeneca yang unsur aktifnya disebut AZD 1222. Berbeda dengan dua vaksin yang pertama mendapat izin, vaksin buatan perusahaan Inggris/Swedia ini adalah vaksin vektor yang dikembangkan dari virus flu simpanse yang dilemahkan.

Sejauh ini belum ada efek samping vaksin yang dilaporkan, selain reaksi normal yang khas.

4 dari 6 halaman

3. Vaksin Sputnik V

Rusia sudah izinkan vaksin Sputnik V buatan pusat riset Gamaleja di Moskow, Agustus 2020. Padahal uji klinis fase 3 dengan sampel luas belum dilakukan. Vaksin menggunakan dua unsur aktif adenovirus berbeda yang dimodifikasi.

Walau kontroversial, ratusan ribu orang di Rusia, Belarus, India, Brasil, UAE dan Argentina telah divaksin Sputnik V. Tidak ada laporan resmi mengenai efek samping.

5 dari 6 halaman

4. Vaksin Sinovac

China izin darurat penggunaan vaksin Sinovac sejak Juli 2020. Unsur aktif vaksin yang diberi nama CoronaVac adalah virus inaktif. Uji klinis fase 3 secara massal telah dilakukan di Indonesia, Turki dan India.

Laporan resmi efek samping yang dirilis perusahaan di Beijing itu sebutkan kurang dari 5% keluhkan reaksi yang umum. Indonesia sejauh ini telah menerima 3 juta dosis vaksin Sinovac.

6 dari 6 halaman

5. Vaksin BionTech-Pfizer

Pada fase uji klinis, unsur aktif BNT162b2 dari perusahaan BioNTech dari Jerman dan Pfizer dari AS tidak menunjukkan efek samping serius.

Tapi setelah mendapat izin, vaksin mRNA ini tunjukkan reaksi alergi berat pada beberapa orang, bahkan tiga mengalami gejala syok anaphylaktis. Ketiga orang itu tidak punya riwayat alergi.

Karenanya pengidap alergi disarankan konsultasi sebelum divaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini