Sukses

Penting dalam Proses Evakuasi Sriwijaya Air SJ182, Begini Cara Kerja Black Box di Pesawat

Seperti ini cara kerja black box di pesawat ketika terjadi kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika ingin mengetahui mengapa sebuah pesawat jatuh, Anda akan sangat memerlukan kotak hitam atau yang sering disebut dengan black box. Perangkat oranye yang hampir tidak bisa dihancurkan ini merekam semua data penerbangan dan percakapan yang relevan di kokpit.

Seperti dalam proses evakuasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 saat ini, kotak hitam menjadi bagian paling krusial. 

Bagi spesialis di Federal Bureau of Aircraft Accident Investigation (BFU) di Braunschweig, mengevaluasi data yang direkam oleh black box adalah hal rutin.

"Saya pikir kami menerima sesuatu seperti ini setiap dua minggu sekali," kata Jens Friedemann, juru bicara BFU seperti dikutip dari laman DW, Senin (11/1/2021). 

"Tapi evaluasi semacam itu juga untuk insiden yang tidak begitu spektakuler, yang disebut insiden serius." Dan yang dimaksud dengan insiden serius, Friedemann berarti peristiwa di mana penerbangan dapat menghindari bencana.

Pada dasarnya, perekam penerbangan black box adalah perangkat perekam yang sangat dilindungi, mirip dengan hard disk atau kartu memori. 

Black box mencatat semua data penerbangan yang relevan, selain percakapan di kokpit. 

Sebelumnya, data ini harus direkam pada dua perangkat berbeda. Tapi versi terkini ada juga unit yang bisa melakukan keduanya. Akan tetapi, menurut peraturan, setiap pesawat harus memiliki dua perangkat ini di dalam pesawat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Kuat dan Tahan Banting

Black box harus mampu merekam banyak skenario kecelakaan tanpa mengalami kerusakan. 

Sebelum digunakan, mereka diuji untuk melihat apakah benda tersebut dapat menahan benturan dengan dinding beton dengan kecepatan 750 kilometer per jam (sekitar 466 mil / jam), beban statis 2,25 ton setidaknya selama lima menit, suhu maksimum 1.100 derajat Celcius (2.012 Fahrenheit) selama satu jam dan tekanan air ditemukan di kedalaman hingga 6.000 meter (sekitar 19.700 kaki).

Agar lebih mudah ditemukan di laut, perangkat mengirimkan sinyal saat bersentuhan dengan air asin yang dapat ditangkap dalam radius sekitar dua kilometer (1,2 mil). 

Dalam jarak sesingkat itu, lokasi bangkai kapal seharusnya sudah ditentukan untuk menemukan perangkatnya.

3 dari 3 halaman

Catat Percakapan di Kokpit

Perekam suara mencatat semua suara di kokpit. Selain diskusi antar pilot, juga merekam pengumuman komputer otomatis, lalu lintas radio, diskusi dengan awak dan pengumuman kepada penumpang. Suara sakelar dan mesin juga direkam oleh perangkat.

Percakapan pribadi antara pilot juga disimpan di kotak hitam - itulah sebabnya file audio yang diambil harus ditangani dengan hati-hati, dari sudut pandang perlindungan data. 

Diskusi hanya dapat dievaluasi untuk memperjelas kecelakaan atau kegagalan fungsi. 

Karena alasan ini, rekaman ditimpa setelah maksimal 120 menit; perangkat lama hanya merekam 30 menit. Secara teknis, pilot bahkan mungkin menghentikan atau menghapus rekaman. Namun dalam praktiknya, Friedemann dari BFU mengatakan pilot tidak memanfaatkan fitur itu.

Tetapi ketika menyangkut perekam penerbangan, komponen kedua dari kotak hitam, pilot tidak dapat langsung mengakses file yang disimpan. Di pesawat yang lebih tua, mereka perlu menyalakan perangkat sebelum terbang; di pesawat modern, otomatis.

Jumlah data yang dikumpulkan telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. "Saat ini, ratusan, terkadang ribuan parameter dicatat di sana," kata Friedemann. Ini termasuk informasi tentang hal-hal seperti jalur penerbangan, ketinggian, lokasi pesawat, kecepatan, suhu mesin dan knalpot, serta posisi flap, di antara banyak lainnya.

Data tersebut membantu para ahli menyelidiki penyebab kecelakaan atau insiden serius dan mengurangi potensi sumber kesalahan. Namun, penyelidik tidak sepenuhnya merekonstruksi penerbangan.

"Kami tidak menggunakan simulator penerbangan atau animasi - kami bisa mendapatkan informasi dari parameter itu sendiri," kata Friedemann.

Hanya ada sedikit badan khusus di seluruh dunia yang mampu mengevaluasi kotak hitam, dan tidak setiap badan dapat memeriksa berbagai model. BFU dapat mengevaluasi perangkat Barat dan Rusia. Tetapi dengan beberapa model, para ahli di Braunschweig harus beralih ke laboratorium asing untuk mendapatkan bantuan datanya.

Di masa depan, Friedemann percaya bahwa perangkat video akan merekam tampilan tertentu di kokpit, dan kekuatan transmisi sinyal pelacak melalui air akan ditingkatkan.

Kebetulan, yang disebut kotak hitam sebenarnya tidak pernah hitam. Warnanya sudah ditentukan yakni oranye terang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.