Sukses

Mati Lampu di Seantero Negeri, Pakistan Gelap Gulita

Pakistan mengalami mati lampu nasional, gelap gulita terjadi di seantero negeri.

Liputan6.com, Karachi - Peristiwa mati lampu nasional terjadi di Pakistan pada Sabtu malam 9 Januari 2021 waktu setempat. Pemerintah berkata ada masalah frekuensi pada sistem listrik di Guddu, Provinsi Sindh.

Menteri Energi Pakistan, Omar Ayub Khan, mengkonfirmasi bahwa mati lampu ini terjadi di seantero negeri.

"Mati lampu seantero negeri disebabkan oleh frekuensi di sistem tranmisi daya yang jatuh secara mendadakan," ujar Menteri Omar Ayub Khan melalui Twitter, seperti dilansir BBC, Minggu (1/10/2021).

Mati lampu bukanlah hal asing di Pakistan. Oleh sebab itu, fasilitas seperti rumah sakit mengandalkan generator yang memakai diesel.

Kota-kota besar seperti Islamabad, Lahore, dan Karachi juga terdampak. Pemulihan berlangsung secara bertahap.

Di Twitter, netizen di Karachi berkata masih ada yang mengalami mati lampu. Media lokal Pakistan menyebut listrik di Islamabad mulai pulih pada Minggu pagi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lampu Mati Jelang Tengah Malam

Menurut laporan The Times of Karachi, Menteri Omar Ayub Khan berkata gangguan teknis terjadi di power plant yang berada di Guddu pada malam Sabtu 9 Januari pukul 11.41. 

Dalam hitungan detik, seantero Pakistan langsung mati lampu. 

Pada Minggu 10 Januari siang waktu setempat, Menteri Omar Ayub Khan berkata listrik sudah kembali menyala di sebagian besar wilayah Pakistan, termasuk di Islamabad, Lahore, Karachi, Multan, dan Faisalabad. 

Pemulihan listrik masih akan berlangsung hingga beberapa jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.