Sukses

India Mulai Penyuntikan Vaksin COVID-19 pada 16 Januari, Prioritaskan Tenaga Medis

India akan meluncurkan program pemberian vaksin COVID-19 pada 16 Januari, pemerintah telah mengumumkan pada Sabtu 9 Januari 2021.

Liputan6.com, Delhi - India akan meluncurkan program pemberian vaksin COVID-19 pada 16 Januari, pemerintah telah mengumumkan pada Sabtu 9 Januari 2021.

PM India Narendra Modi menyebutnya sebagai "langkah penting" dan mengatakan tujuannya adalah untuk memvaksinasi 300 juta orang pada Juli 2021 mendatang. India sendiri memiliki populasi 1,3 miliar.

Staf kesehatan dan pekerja garis depan akan menjadi yang pertama menerima dosis, tambahnya Modi, seperti dikutip dari BBC, Minggu (10/1/2021).

India telah mencatat jumlah infeksi COVID-19 tertinggi kedua di dunia, setelah AS.

Sejak pandemi dimulai, India telah mengkonfirmasi lebih dari 10,3 juta kasus dan hampir 150.000 kematian.

Regulator obat-obatan di negara itu telah memberikan lampu hijau untuk dua vaksin - satu dikembangkan oleh AstraZeneca dengan Universitas Oxford (Covishield) dan satu oleh perusahaan India Bharat Biotech (Covaxin).

"Mulai hari itu [16 Januari], dorongan vaksinasi nasional India dimulai," cuit Mr Modi pada hari Sabtu. "Prioritas akan diberikan kepada dokter kami yang berani, petugas kesehatan [dan] pekerja garis depan."

Sebuah pernyataan pemerintah mengatakan, penerima vaksin berikutnya adalah orang-orang berusia di atas 50 dan siapa pun di bawah 50 dengan kondisi kesehatan yang mendasari serius.

Pejabat kesehatan India telah menggelar uji coba massal di pusat-pusat vaksinasi di seluruh negeri. Pelatihan telah diberikan kepada sekitar 150.000 staf di 700 kabupaten.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situasi di India

Pengumuman hari Sabtu datang beberapa hari setelah para ahli menimbulkan kekhawatiran atas persetujuan darurat India terhadap Covaxin sebelum selesainya uji coba.

Pengawas kesehatan All India Drug Action Network mengatakan ada "kekhawatiran intens yang timbul dari tidak adanya data kemanjuran" serta kurangnya transparansi yang akan "menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban dan kemungkinan tidak akan memperkuat iman dalam badan pengambilan keputusan ilmiah kami".

Jenderal Pengendali Obat India, VG Somani, bersikeras Covaxin "aman dan memberikan respons kekebalan yang kuat".

"Vaksin 100% aman," katanya, menambahkan bahwa efek samping seperti "demam ringan, nyeri dan alergi adalah umum untuk setiap vaksin".

Regulator mengatakan vaksin telah disetujui untuk "penggunaan terbatas dalam situasi darurat dalam kepentingan publik sebagai tindakan pencegahan yang melimpah, dalam mode uji klinis, terutama dalam konteks infeksi oleh strain mutasi".

Krishna Ella, ketua Bharat Biotech, mengatakan persetujuan Covaxin belum terburu-buru.

"Berdasarkan undang-undang India kita bisa mendapatkan persetujuan darurat untuk vaksin berdasarkan pemenuhan lima parameter setelah jalur Fase 2. Itulah yang telah terjadi dengan vaksin kami. Jadi bukan persetujuan dini," katanya.

"Kami akan segera menyelesaikan uji coba Fase 3 dan memberikan data kemanjuran untuk vaksin pada bulan Februari."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Vaksin Covid-19