Sukses

Sriwijaya Air SJ182 Hilang Kontak Jadi Sorotan Media Asing

Hilangnya kontak Sriwijaya Air saat ini tengah dalam investigasi dan tengah dikoordinasikan dengan Basarnas dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta-Pontianak dikabarkan hilang kontak, pada Sabtu (9/1/2021).

Pesawat dengan nomor penerbangan SJ182 itu terakhir melakukan kontak pada pukul 14.40 WIB.

Hilangnya kontak Sriwijaya Air saat ini tengah dalam investigasi dan tengah dikoordinasikan dengan Basarnas dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Informasi mengenai hilangnya kontak pesawat Sriwijaya Air ini secara cepat diberitakan oleh sejumlah media asing. Dalam situs berita Independent.co.uk disebutkan bahwa pesawat tipe Boeing 737-500 itu hilang saat terbang tidak jauh di utara bandara di Jakarta -- tepatnya di Laut Jawa sebelum hilang kontak.

"Saat ini, kami sedang menyelidiki dan mengkoordinasikan masalah tersebut dengan BASARNAS dan KNKT. Kami akan merilis lebih banyak informasi segera setelah ada perkembangan," kata Adita Irawati, juru bicara Kementerian Perhubungan Indonesia demikian diberitakan Independent dengan judul Sriwijaya Air Flight SJ182: BOEING 737 Loses Contact In Indonesia.

Independent juga menjelaskan Sriwijaya Air yang merupakan maskapai lokasl dengan armada khusus 737.

Sementara itu, situs berita asal Jerman, Deutsche Welle menyebutkan jumlah penumpang yang berada di dalam pesawat Sriwijaya Air.

"Penerbangan itu membawa 59 penumpang, termasuk lima anak dan seorang bayi," tulis DW dengan judul artikel "Indonesia: Sriwijaya Air plane loses contact shortly after takeoff"

"Pesawat kehilangan ketinggian lebih dari 10.000 kaki," lapor situs tersebut.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporan FlightRadar

Dalam situs berita India Today, dengan judul artikel "Indonesia: Airplane loses altitude minutes after takeoff from Jakarta, search operation underway" memaparkan bahwa pihak berwenang Indonesia telah meluncurkan operasi pencarian dan penyelamatan.

Sama seperti situs berita lainnya, India Today juga menjelaskan bahwa Sriwijaya Air SJ 182, merupakan jenis Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK-CLC (MSN 27323).

Situs pemantau penerbangan Flightradar24 turut melaporkan pesawat Sriwijaya Air penerbangan SJ182 yang diduga hilang kontak pada Sabtu 9 Januari 2021.

Dikutip dari akun Twitter resmi Flightradar24, pesawat Sriwijaya Air penerbangan SJ182 kehilangan ketinggian lebih dari 10.000 kaki dalam kurang dari satu menit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.