Sukses

Vaksin COVID-19 Dikhawatirkan Tak Bekerja Baik ke Corona Varian Baru di Afrika Selatan

Para ahli mengkhawatirkan bahwa vaksin COVID-19 tidak dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi varian Virus Corona di Afrika Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa varian Virus Corona yang diidentifikasi di Afrika Selatan mungkin tidak rentan terhadap vaksin COVID-19 seperti jenis lainnya.

Saat ini, penelitian sedang dilakukan untuk mengetahui apakah itu yang sebenarnya terjadi.

Mengutup laman Live Science, Jumat (8/1/2021), jika varian, yang dikenal sebagai 501.V2, tahan terhadap vaksin yang tersedia, vaksinasi dapat disesuaikan untuk meningkatkan efektivitasnya, walaupun penyesuaian tersebut akan memakan waktu sekitar enam minggu.

Para pengembang vaksin, termasuk CEO BioNTech Dr. Uğur Şahin dan John Bell, Profesor Regius Kedokteran di Universitas Oxford saat ini tengah menjalankan eksperimen dengan 501.V2 dan varian virus corona baru yang diidentifikasi di Inggris bernama B.1.1.7.

Percobaan ini disebut uji penetral - percobaan di mana mereka mengerami virus dengan antibodi dan sel manusia, untuk melihat apakah antibodi mencegah infeksi, The Associated Press (AP) melaporkan. 

Mereka menjalankan tes dengan darah dari orang-orang yang divaksinasi dan mereka yang tertular virus dan mengembangkan antibodi secara alami, Dr. Richard Lessells, seorang ahli penyakit menular yang bekerja pada studi genomik Afrika Selatan dari 501.V2, mengatakan kepada AP.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mutasi Virus

Secara umum, tidak mengherankan bahwa varian seperti 501.V2 dan B.1.1.7 telah muncul. Semua virus mengalami mutasi saat menggandakan dirinya sendiri, dan virus corona baru yang disebut SARS-CoV-2 tidak terkecuali. 

Namun, sementara dua varian yang baru diidentifikasi berbagi beberapa mutasi serupa dan 501.V2 "memiliki sejumlah mutasi tambahan ... yang mengkhawatirkan," kata Simon Clarke, seorang profesor dalam mikrobiologi seluler di University of Reading.

Secara khusus, varian yang ditemukan di Afrika Selatan memiliki lebih banyak mutasi pada protein lonjakannya - yang menonjol dari permukaan virus dan digunakan untuk menyerang sel manusia - dibandingkan B.1.1.7, Lawrence Young, seorang ahli virologi dan profesor onkologi molekuler di Universitas Warwick.

Kebanyakan vaksin yang tersedia melatih sistem kekebalan untuk mengenali protein lonjakan ini. Jika lonjakan protein mengakumulasi terlalu banyak mutasi, itu mungkin menjadi tidak dapat dikenali oleh sistem kekebalan, memungkinkan virus menghindari deteksi di dalam tubuh.

"Ini adalah kekhawatiran potensial dengan varian baru 501.V2," kata Young.

Karena itu, tes penetral akan segera mengungkapkan apakah kita perlu khawatir atau tidak.

Saat ini, Public Health England, badan eksekutif Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial, mengatakan bahwa saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan vaksin COVID-19 tidak akan melindungi B.1.1.7 dan 501.V2. 

3 dari 4 halaman

Resistensi Vaksin

Selain itu, beberapa ahli mengatakan kepada The New York Times bahwa kemungkinan akan memakan waktu bertahun-tahun, bukan berbulan-bulan, agar virus corona cukup bermutasi untuk mengecoh vaksin yang tersedia. 

"Ini akan menjadi proses yang terjadi dalam skala waktu beberapa tahun dan membutuhkan akumulasi dari beberapa mutasi virus," kata Jesse Bloom, seorang ahli biologi evolusi di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, kepada Times. 

"Ini tidak akan menjadi seperti tombol on-off," dalam hal seberapa cepat varian baru menjadi resisten terhadap vaksin saat ini, katanya. 

Dengan kata lain, vaksin mungkin menjadi kurang efektif secara bertahap dari waktu ke waktu, daripada tiba-tiba tidak berfungsi.

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksin COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.