Sukses

Twit Soal Ricuh di Capitol Hill AS Picu Twitter Kunci Akun Donald Trump 12 Jam, Facebook Baru Hapus Video

Untuk pertama kalinya Twitter mengumumkan bahwa bisa saja akun Donald Trump ditangguhkan secara permanen setelah dikunci selama 12 jam. Sementara Facebook mengambil langkah berbeda.

Liputan6.com, Washington D.C -a Twitter pada Rabu 6 Januari 2021 menghapus beberapa twit Presiden Donald Trump yang bereaksi terhadap kekerasan di Capitol Hill AS.

Di antara twit yang dihapus adalah video yang diposting Donald Trump Rabu sore kepada para pendukungnya. Termasuk yang mengatakan Wakil Presiden Mike Pence tidak memiliki "keberanian" untuk melakukan apa yang diperlukan.

Penghapusan tersebut dilakukan setelah Facebook dan YouTube menghapus video Trump teruntuk para pendukungnya, dan di tengah seruan oleh Anti-Defamation League dan NAACP agar akun media sosial Trump segera ditangguhkan.

Tak lama kemudian, Twitter mengatakan pihaknya telah mengunci akun Presiden Trump selama 12 jam, dan memperingatkan untuk pertama kalinya bahwa bisa saja ditangguhkan secara permanen.

Kunci sementara mencerminkan pelanggaran Donald Trump terhadap aturan Twitter, kata perusahaan itu.

"Kami telah meminta penghapusan tiga Tweet @realDonaldTrump yang diposting sebelumnya hari ini karena pelanggaran berat dan berulang terhadap Kebijakan Integritas Sipil kami," kata Twitter.

"Ini berarti akun @realDonaldTrump akan dikunci selama 12 jam setelah penghapusan twit ini. Jika twit tidak dihapus, akun tersebut akan tetap terkunci."

Twitter menambahkan bahwa "pelanggaran di masa mendatang ... akan mengakibatkan penangguhan permanen akun @realDonaldTrump".

Pengumuman tersebut menandai eskalasi besar-besaran oleh Twitter terhadap akun Trump dan menanggapi seruan oleh kelompok hak sipil agar Trump dilarang dari platform tersebut.

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Facebook

Dalam tweet Rabu, VP integritas Facebook Guy Rosen menyebut ini "situasi darurat," menambahkan bahwa Facebook "mengambil tindakan darurat yang tepat, termasuk menghapus video Presiden Trump. Kami menghapusnya karena kami yakin itu berkontribusi mengurangi risiko kekerasan yang berkelanjutan. "

Facebook mengutuk kerusuhan kekerasan di Capitol AS pada hari Rabu, tetapi berhenti mengatakan Presiden Trump akan diblokir dari platform media sosial. Mencela kerusuhan di Capitol AS pada hari Rabu, tetapi berhenti mengatakan akun Presiden Trump akan diblokir dari platform media sosial tersebut.

"Protes kekerasan di Capitol hari ini adalah aib," kata juru bicara Facebook Andy Stone dalam sebuah pernyataan kepada CNN. "Kami melarang hasutan dan seruan untuk melakukan kekerasan di platform kami. Kami secara aktif meninjau dan menghapus konten apa pun yang melanggar aturan ini."

"Kebijakan Facebook tentang hasutan tidak membawa pengecualian atau celah bagi pejabat terpilih," tambah Stone.

Sesuai dengan pendekatan Facebook terhadap pelabelan konten, pengguna yang mencoba membagikan postingan berlabel Trump harus mengklik melalui permintaan interstisial.

Tetapi keputusan Facebook untuk tidak menangguhkan Trump, setidaknya untuk saat ini, kemungkinan akan menimbulkan lebih banyak kritik dari kelompok-kelompok seperti Anti-Defamation League. Kelompok itu pada hari Rabu menyerukan penghapusan Trump dari platform media sosial karena perannya dalam mengobarkan kekerasan.

Terlepas dari pernyataan tersebut, Facebook belum menghapus postingan Trump yang menunjukkan Wakil Presiden Mike Pence tidak memiliki "keberanian untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan".

Termasuk juga belum menghapus pesan video terbaru Trump kepada para pendukungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.