Bayi Harimau Putih Pertama Lahir di Kebun Binatang Nikaragua

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 06 Jan 2021, 18:05 WIB
Diperbarui 06 Jan 2021, 18:05 WIB
Bayi harimau putih langka lahir di sebuah kebun binatang di Nikaragua. (Photo credit: AFP/Inti Ocon)
Perbesar
Bayi harimau putih langka lahir di sebuah kebun binatang di Nikaragua. (Photo credit: AFP/Inti Ocon)

Liputan6.com, Masaya- Seekor harimau putih langka, bernama Nieve (yang berarti salju dalam bahasa Spanyol) lahir di sebuah kebun binatang di Nikaragua.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (6/1/2021) direktur kebun binatang Nikaragua, Eduardo Sacasa mengatakan bahwa bayi harimau tersebut dirawat oleh manusia karena induknya yang enggan untuk merawatnya. 

Pihak kebun binatang Nikaragua juga mengatakan bahwa Nieve adalah harimau putih pertama yang lahir di negara itu, dari sepasang harimau Bengal kuning dan hitam.

Sacasa menyebutkan, bahwa Nieve lahir sepekan lalu dengan berat di bawah 1 kilogram saat kelahirannya.

Kelompok konservasi terkemuka dunia, WWF (World Wildlife Fund) menggambarkan harimau putih sebagai "anomali genetik", yang tidak diketahui keberadaannya di alam liar.

Namun terdapat beberapa puluh ekor harimau jenis langka tersebut yang berada di dalam penangkaran.

Sementara menurut The Wildcat Sanctuary di Minnesota, harimau putih adalah harimau Bengal yang induknya membawa gen resesif, mereka juga bukan termasuk kelompok hewan albino atau spesies terpisah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Berikut Ini:


Tumbuh dengan Nafsu Makan yang Lancar

Bayi Harimau Putih
Perbesar
Salah satu dari tiga anak harimau putih berdiri di dekat induk mereka, Orissa, di taman zoologi Amneville, Prancis timur laut pada 9 Maret 2020. Tiga ekor harimau putih itu lahir pada 5 Januari 2020 lalu dengan dua ekor berjenis jantan dan seekor betina. (JEAN-CHRISTOPHE VERHAEGEN / AFP)

Beberapa taman satwa dan kebun binatang diketahui mengawinkan harimau putih, karena anak harimau putih menarik lebih banyak pengunjung, meskipun hal ini sering mengakibatkan malformasi dan masalah genetik lainnya, menurut situs resmi kebun binatang itu. 

Ibu dari bayi harimau putih itu, diselamatkan setelah ditinggalkan oleh sebuah kelompok sirkus, dan mewarisi gen langka dari kakeknya, yang berbulu putih.

Istri Sacasa Marina Arguello, yang membantu mengelola kebun binatang Nikaragua pun turut serta membantu merawat Nieve dengan memberikannya susu botol. 

Arguello bahkan kerap membisikkan ucapan manis ke telinga harimau mungil tersebut saat memberikannya susu, dan menepuk punggungnya dengan lembut. 

"Nafsu makannya tidak hilang; setiap tiga jam dia mendapat botol susunya. Kalau tidak, dia berteriak ... juga kalau susunya terlalu dingin," terang Arguello.


Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari COVID-19

Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya