Sukses

Irak Peringati Setahun Kematian Jenderal Top Iran Qasem Soleimani, Tuntut Balas Dendam

Ribuan warga Irak yang berunjuk rasa meneriakkan balas dendam dan tidak untuk Amerika, satu tahun setelah perisitwa serangan pesawat nirawak AS menewaskan Jenderal Qasem Soleimani.

Baghdad - 3 Januari 2021 memiliki arti sendiri bagi warga Irak. Itu merupakan momen peringatan setahun kematian Jenderal Iran Qasem Soleimani.

Di negara asalnya, Iran, lebih dulu digelar peringatan mengenang kematian sang jenderal.

Sementara di Irak, ribuan warga juga tak ketinggalan memberikan penghormatan terhadap sang jenderal. Didukung pasukan keamanan Iran, mereka berkumpul dan menyanyikan slogan anti-Amerika di pusat Kota Baghdad pada Minggu 3 Januari 2021, untuk menandai peringatan pembunuhan terhadap jenderal Iran Qasem Soleimani dan komandan milisi Irak oleh Amerika Serikat (AS).

Ribuan warga Irak yang berunjuk rasa meneriakkan "balas dendam" dan "tidak untuk Amerika", satu tahun setelah perisitwa serangan pesawat nirawak AS menewaskan Soleimani dan letnan Iraknya Abu Mahdi al-Muhandis.

Para demonstran pro-Iran yang mayoritas berpakaian hitam, berkumpul di Tahrir Square Kota Baghdad, sembari mengutuk Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi. Mereka menyebut Kadhimi sebagai "pengecut" dan "agen Amerika."

Para demonstran mengibarkan bendera Irak dan PMF - serangkaian kelompok milisi yang secara kolektif dikenal sebagai Pasukan Mobilisasi Populer - dan membawa poster Soleimani dan Muhandis. Keduanya dihormati sebagai komandan Muslim Syiah terkemuka di kawasan itu, di mana politik biasanya dipandang melalui prisma sektarian.

Peringatan Kematian Jenderal Soleimani di Sejumlah Tempat Selain Iran

Tak hanya di Irak, dalam beberapa hari terakhir di seluruh Iran dan pendukung di Suriah, Lebanon, Yaman, dan tempat lain juga menandai peringatan ini.

Iran, tempat asal sang jenderal, telah mengadakan serangkaian acara peringatan untuk Soleimani, yang dirayakan sebagai "martir".

Jenderal Qasem Soleimani, diabadikan dalam karya seni, lagu, dan serial TV yang akan tayang. Teheran juga telah meluncurkan otobiografi Soleimani - sebagian besar berfokus pada masa kanak-kanak dan masa dewasa awal - dan merilis perangko untuk menghormatinya.

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan yang Retak dengan AS

Peristiwa pembunuhan itu tampaknya hampir membawa Washington dan Teheran ke ambang peperangan pada awal 2020.

Demonstrasi dipimpin oleh jaringan keamanan Hashed al-Shaabi yang pro-Iran, yang didukung oleh negara yang dikomandoi Muhandis.

Setelah pembunuhan, parlemen Irak awalnya memilih untuk mengusir pasukan AS setelah protes rakyat menuntut tindakan tersebut. Tetapi meskipun ada beberapa penarikan, sekitar 3.000 tentara AS tetap berada di Irak.

Dengan ketegangan yang masih tinggi dan bahkan meningkat, warga Irak dan pengamat di kawasan terus waspada, sebelum Presiden AS Donald Trump yang memerintahkan pembunuhan itu, meninggalkan Gedung Putih pada 20 Januari mendatang.

Trump baru-baru ini dalam Twitternya mengatakan bahwa intelijen AS mendengar "obrolan tentang serangan lanjutan terhadap orang Amerika di Irak." Dia memperingatkan bahwa "jika seorang warga Amerika terbunuh, saya akan meminta pertanggungjawaban Iran. Pikirkanlah kembali."

Untuk kedua kalinya dalam sebulan, pesawat pengebom strategis B-52 AS telah terbang melintasi wilayah itu dalam beberapa hari terakhir. Namun, beberapa pihak berpendapat bahwa ketegangan mulai mereda di mana AS dilaporkan telah memerintahkan sebuah kapal induknya untuk meninggalkan kawasan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.