Sukses

Cegah COVID-19, Sesi Virtual Bakal Meriahkan Pelantikan Presiden Terpilih Joe Biden

Proses pelantikan presiden terpilih Joe Biden pada 20 Januari mendatang akan mencakup sejumlah sesi virtual. Hal itu dikarenakan pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Washington D.C - Pelantikan Presiden terpilih Joe Biden akan mencakup "parade virtual di seluruh Amerika" yang konsisten dengan batas kerumunan selama pandemi COVID-19. Hal ini diumumkan oleh pihak penyelenggara pada Minggu 3 Januari 2021 waktu setempat.

Menyusul upacara Hari Pelantikan pada 20 Januari di bagian depan barat Capitol AS, Joe Biden dan istrinya, ibu negara Jill Biden, akan bergabung dengan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dan suaminya. Berpartisipasi dalam acara yang dilakukan dengan jarak sosial di seberang depan Capitol. Itulah tradisi militer di mana Biden akan meninjau kesiapan pasukan militer.

Mengutip Channel News Asia, Senin (4/1/2021), Joe Biden juga akan menerima pengawalan presiden tradisional dengan perwakilan dari setiap cabang militer dari 15th Street di Washington hingga Gedung Putih. 

Komite Pelantikan Presiden mengatakan bahwa acara tersebut juga akan menerapkan jarak sosial sambil "memberikan rakyat Amerika dan dunia gambaran bersejarah tentang Presiden terpilih yang melanjutkan ke Gedung Putih tanpa menarik banyak orang".

Para pekerja dalam beberapa hari terakhir mulai membongkar stan peninjauan parade perdana di depan Gedung Putih saat tim transisi Biden terus mempersiapkan perayaan yang sebagian besar bersifat virtual. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parade Virtual

Penyelenggara juga mengatakan mereka akan mengadakan parade virtual di seluruh negeri untuk "merayakan pahlawan Amerika, menyoroti orang Amerika dari semua lapisan masyarakat di berbagai negara bagian dan wilayah, dan merefleksikan keragaman, warisan, dan ketahanan negara saat kita memulai era Amerika baru".

Acara parade akan ditayangkan di televisi dan menampilkan pertunjukan yang "beragam dan dinamis" di komunitas-komunitas di seluruh negeri, janji panitia pelantikan. 

Peserta akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang.

"Kami sangat senang dengan kemungkinan dan peluang yang dihadirkan momen ini untuk memungkinkan semua orang Amerika berpartisipasi dalam tradisi pengukuhan sakral negara kami," kata Direktur Eksekutif Komite Pelantikan Presiden Maju Varghese dalam sebuah pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.