Sukses

Nancy Pelosi Terpilih Lagi Jadi Ketua DPR AS

Pelantikan Kongres ke-117 AS telah digelar. Nancy Pelosi yang kembali terpilih sebagai Ketua DPR.

Liputan6.com, Washington D.C- Kongres ke-117 Amerika Serikat telah resmi melantik para anggota barunya. Membawa masuknya anggota parlemen baru ke Capitol Hill.

Pelantikan itu berlangsung di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 yang masih melanda AS dan dunia. 

Sebelumnya, konstitusi menyerukan Kongres AS untuk menggelar sidang pemilihan pada Minggu 3 Januari siang waktu setempat.

Anggota Kongres yang baru dan yang kembali terpilih dilantik pada Minggu (3 Januari 2021) waktu setempat, bersama seluruh anggota yang memilih Nancy Pelosi kembali menjabat.

Partai Demokrat yang menaungi presiden AS terpilih saat ini, Joe Biden, diprediksi akan mempertahankan kendali DPR dari pemilu pada November 2020 lalu. Kendati demikian sekarang akan mendapat sedikit dukungan, meskipun proyeksi menunjukkan bahwa mereka akan memenangkan lebih banyak kursi.

Di Senat AS, perimbangan masih belum diputuskan dengan semua perhatian tertuju pada pemilihan putaran kedua Senat yang dijadwalkan berlangsung di Georgia pada 5 Januari mendatang, yang akan menentukan partai mana yang mengendalikan majelis.

Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell pun menyambut semua senator setelah mereka dilantik.

"Kongres ke-117 bersidang pada waktu yang sulit ini memang tidak bisa meremehkan," kata McConnell, seperti dikutip dari CNN, Senin (4/1/2021). 

"Dari perpecahan politik hingga pandemi mematikan sampai musuh di seluruh dunia, banyak rintangan di hadapan kita dan semua hal itu serius. Tapi ada juga banyak alasan untuk berharap," lanjutnya.

"Semangat yang optimis dan untuk lebih berwawasan ke depan ... telah menjadi salah satu yang paling utama di negara kita. Panggilan khusus sejak masa-masa awal kita. Dan jika vaksin yang aman dan efektif diluncurkan di seluruh negara kita setiap hari, menurut saya tahun 2021 sudah terlihat cerah," tambah McConnell.

Sementara itu, tak lama setelah terpilih kembali sebagai Ketua DPR AS, Nancy Pelosi menyampaikan pernyataannya yang mengatakan, "kami memulai Kongres baru ini selama masa sulit yang luar biasa," dalam menanggapi krisis Virus Corona COVID-19 yang sedang dihadapi AS. 

"Prioritas kami yang paling penting adalah terus menangani Virus Corona. Dan mengalahkannya, kami akan terus berusaha," ujar Pelosi.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandidat Terpilih Lainnya

Di DPR AS, sejumlah anggota Partai Demokrat yang mengalahkan petahana akan menjadi bagian dari Kongres baru, termasuk Cori Bush dari Missouri, yang mengalahkan anggota kongres Lacy Clay, juga Jamaal Bowman dari New York, yang mengalahkan ketua dari Komite Urusan Luar Negeri DPR, Eliot Engel.

Adapun anggota Kongres yang terpilih lainnya dari Partai Republik, yaitu Marjorie Taylor Greene dari Georgia, dan Ronny Jackson dari Texas, mantan kepala dokter Kepresidenan Donald Trump.

Sementara di Senat, ada mantan Gubernur John Hickenlooper yang merupakan senator baru Demokrat dari Colorado, dan mantan pelatih sepak bola Auburn University, Tommy Tuberville sebagai senator Republik terbaru dari Alabama.

Alex Padilla juga menjadi salah satu senator terpilih lainnya di Kongres baru setelah Gubernur California Gavin Newsom, menunjuknya untuk mengisi kursi Senat Wakil Presiden terpilih Kamala Harris.

Diketahui bahwa Harris dan Presiden terpilih Joe Biden akan dilantik pada 20 Januari mendatang saat pelantikan presiden.

Adapun Mark Kelly, yang merupakan mantan kapten Angkatan Laut AS dan astronot NASA, akan menjadi senator baru dari Partai Demokrat dari Arizona. Kelly telah dilantik pada Desember 2020 setelah memenangkan pemilihan khusus.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.