Sukses

Perusahaan Jepang Berencana Buat Satelit Antariksa Berbahan Kayu

Perusahaan penebangan dan pengolahan kayu Jepang Sumitomo Forestry Co. telah bekerja sama dengan Universitas Kyoto untuk merancang dan membangun satelit yang terbuat dari kayu.

Liputan6.com, Tokyo - Jika Anda berpikir bahwa masalah polusi hanya terbatas pada di permukaan Bumi, pikirkan lagi.

Ada masalah sampah besar di orbit Bumi --dan mereka semua berasal dari hal-hal yang terus kita kirim ke sana, termasuk salah satunya satelit.

Menurut World Economic Forum, ada hampir 6.000 satelit yang mengorbit planet kita, dan sekitar 60 persen dari mereka tidak berfungsi dan tidak digunakan --pada dasarnya menjadi sampah ruang angkasa yang mengambang di sekitar dan menyajikan berbagai bahaya ke atmosfer Bumi.

Untuk memerangi masalah ini, perusahaan penebangan dan pengolahan kayu Jepang Sumitomo Forestry Co. telah bekerja sama dengan Universitas Kyoto untuk merancang dan membangun satelit yang terbuat dari kayu, dan mereka berharap memiliki prototipe yang dapat berfungsi pada tahun 2023, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Senin (4/1/2021).

Keduanya akan bekerja sama untuk bereksperimen dengan berbagai jenis kayu dan mengujinya di lingkungan ekstrem di Bumi, meniru kondisi yang sangat mirip dengan yang dihadapi oleh satelit yang diluncurkan ke orbit --seperti perubahan suhu yang parah dan paparan sinar matahari dan radiasi yang tidak difilter.

Profesor Universitas Kyoto dan astronot Jepang Takao Dai menjelaskan kepada BBC bahwa satelit kayu memegang satu keuntungan besar atas rekan-rekan mereka yang terbuat dari logam.

Jika sampah puing satelit itu jatuh dari orbit dan terbakar saat memasuki kembali atmosfer, mereka tidak akan melepaskan sebanyak partikel berbahaya dan puing-puing berbahaya.

"Kami sangat prihatin dengan fakta bahwa semua satelit yang masuk kembali ke atmosfer Bumi terbakar dan menciptakan partikel alumina kecil yang akan mengapung di atmosfer atas selama bertahun-tahun," katanya, juga menambahkan bahwa "pada akhirnya, itu akan mempengaruhi lingkungan Bumi."

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masalah dengan Sampah Luar Angkasa

Dengan lebih banyak satelit diluncurkan ke luar angkasa setiap tahun, para ahli di lapangan telah membunyikan peringatan tentang berbagai bahaya yang ditimbulkan oleh banyaknya puing-puing yang dibuat sebagai produk-per-produk.

Selain sampah ruang angkasa memasuki kembali atmosfer dan jatuh ke Bumi, ada juga ancaman satelit lain yang berfungsi bertabrakan dengan puing-puing dan rusak, yang hanya akhirnya menciptakan lebih banyak puing-puing di orbit Bumi.

Sampah luar angkasa bergerak dengan kecepatan melebihi 22.300 mph (35.888 km/jam), menyebabkan kerusakan besar pada apa pun yang bersentuhan dengannya.

Selama bertahun-tahun, ada banyak insiden yang melibatkan tabrakan dengan puing-puing satelit, termasuk salah satunya di mana sepotong sampah ruang angkasa bertabrakan dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan menangani kerusakan pada salah satu jendelanya yang sangat diperkuat.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, diperkirakan ada hampir 6.000 satelit yang mengorbit planet kita, dengan sekitar 60 persen dari mereka tidak berfungsi, dan jutaan potongan puing-puing berbahaya bergabung dalam campuran.

Yang lebih memprihatinkan adalah bagaimana jumlah itu diatur untuk tumbuh. Dengan lebih banyak perusahaan yang ingin meluncurkan satelit untuk tujuan komunikasi, navigasi, prakiraan cuaca, dan penggunaan lainnya, diperkirakan sekitar 990 satelit akan dikirim ke luar angkasa setiap tahun selama dekade berikutnya.

SpaceX milik Elon Musk telah meluncurkan sekitar 900 satelit Starlink ke luar angkasa, dengan rencana untuk meluncurkan puluhan ribu lebih di masa depan, sementara Project Kuiper Amazon --sebuah proyek untuk membantu menyediakan internet broadband yang andal kepada komunitas yang terlayani di dunia-- baru-baru ini memenangkan persetujuan untuk meluncurkan lebih dari 3.000 satelit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.