Sukses

Isi Surat Tahun Baru 2021 dari Kim Jong-un untuk Warga Korea Utara

Saat menyambut Tahun Baru 2021, Kim Jong Un menuliskan surat untuk warga Korea Utara. Simak selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta- Pemimpin Korea Utara,  Kim Jong-un menandai Tahun Baru 2021 dengan sepucuk surat kepada warganya. 

Dilaporkan Korean Central News Agency (KCNA) pada Jumat (1/1/2020), dalam surat itu Kim Jong-un menyampaikan terima kasihnya kepada warga karena telah mempercayai dan mendukung Partai yang berkuasa bahkan di masa-masa "sulit".

Kim Jong-un sebelumnya juga meminta maaf karena gagal memenuhi janji perbaikan ekonomi dan atas kesulitan yang dialami warga akibat sanksi internasional, serta langkah-langkah ketat untuk mencegah wabah Virus Corona COVID-19. 

"Di tahun baru juga, saya akan bekerja keras untuk membawa lebih awal era baru di mana cita-cita dan keinginan rakyat kita akan menjadi kenyataan," tulis Kim Jong-un, menurut laporan KCNA.

Selain itu, Kim Jong-un juga dilaporkan mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, di mana jenazah ayah dan kakeknya -yang merupakan penguasa Korea Utara sebelumnya- terbaring di bawah kaca. 

Kunjungan itu dilakukan tepat tengah malam bersama pemimpin senior lainnya, seperti dikutip dari Channel News Asia. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Pertemuan Politik

Disebutkan juga dalam laporan KCNA bahwa, pada awal Januari 2021, Kim Jong akan menggelar pertemuan politik dengan didampingi oleh delegasi ke Kongres Partai Kedelapan.

KCNA mengatakan, "Kim Jong-un dan para delegasi meneguhkan janji mereka untuk memuliakan Kongres Partai ke-8 sebagai titik balik dalam perkembangan Partai dan revolusi." 

Kim Jong-un juga diharapkan menggunakan kongres tersebut untuk mengumumkan rencana ekonomi lima tahun baru, membuat perubahan kepemimpinan, dan membuat pernyataan politik lainnya.

Diketahui bahwa Korea Utara mengklaim tidak memiliki kasus Virus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi, meskipun para pejabat di Korea Selatan dan Amerika Serikat menyebutkan hal itu tidak mungkin.

Sementara itu, perekomonian Korea Utara juga telah sangat terdampak dari penguncian perbatasan yang diberlakukan dan langkah-langkah keras lainnya untuk mencegah wabah.

Kerumunan warga yang tampak mengenakan masker dilaporkan tambah berkumpul dalam perayaan tahun baru di Korea Utara. 

Perayaan itu pun dihiasi dengan acara konser dan pertunjukan kembang api di alun-alun utama di Ibu Kota Pyongyang pada Kamis malam,  demikian menurut laporan KCNA.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.